Ijeck Berharap 2023 Danau Toba Tuan Rumah WRC

BISANEWS.ID | PARAPAT |Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck) berharap, kawasan Danau Toba dapat menjadi tuan rumah dalam kejuaraan World Rally Champhionship (WRC) di Tahun 2023.

Hal itu disampaikan Musa Rajekshah saat membuka kejuaraan Danau Toba Rally 2021, di Kawasan Hutan Tanaman Industri TPL Sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (10/12/2021).

Ia mengatakan, setelah kejuaraan Danau Toba Rally 2021, akan menyusul kejuaraan Rally Asia Pasifik (APRC) ditahun 2022. Kemudian berharap disusul lagi dengan kejuaraan World Rally Champhionship (WRC) pada tahun 2023.

Untuk merealisasikan hal itu, Ijeck mengaku telah menyampaikan usulan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, guna menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tuan rumah World Rally Champhionship tahun 2023.

Dikatakan Ijeck, menanggapi usulan itu, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menyiapkan usulan yang lebih detail. Dalam momen tersebut, Ijeck menyampaikan bahwa, penyelenggaraan World Rally Champhionship (WRC) sesuai dengan misi pemerintah, untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

“Untuk menarik wisatawan memang harus ada event, seperti sport tourism atau event lainnya baik itu taraf Nasional hingga Internasional. IMI sudah sangat semangat menyambut kejuaraan itu. Bupati Simalungun juga siap mendukung. Kita lihat nanti, kejuaraan ini (Rally) masuk atau tidak dalam APBD-nya. Kalau Sumut sudah jelas, Dinas Pariwisata dan beberapa dinas lainnya sudah komitmen untuk ini. Selain itu sarana dan prasarana baik itu penginapan, infrastruktur harus terus diperbaiki, sehingga baik peserta dan pengunjung merasa puas,” ujarnya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan mengatakan, pihaknya sangat bangga dan mendukung Danau Toba Rally 2021.

Baca Juga:  Polsek Medan Timur Gelar Vaksin untuk Pelajar

“Kalau bisa acara ini dua kali setahun dilaksanakan, karena geliat ekonomi sangat terasa. Saya saja bupati disini susah sekali mencari penginapan karena semua full,” katanya.

Sementara dalam kejuaraan Danau Toba Rally 2021, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck) turut menjadi peserta. Ia mengaku balapan pada sesi I, jalanan licin dan basah. Namun hal itu tidak menjadi kendala.

Pada Sesi I putaran pertama ia pun berhasil melintasi SS 1, SS 2 dan SS 3 dan selanjutnya akan melintasi SS 4, SS 5 dan SS 6.

“Karena semalam hujan, jalanan jadi licin dan basah, namun itu bukan kendala, kecuali sedikit masalah pada mesin. Setelah ini saya akan melintasi SS 4, SS 5 dan SS 6. Semoga berjalan lancar,” tuturnya.

Menurut Ijeck, banyaknya peserta membuat persaingan dalam Danau Toba Rally 2021 ini menjadi sangat menantang.

“Banyak peserta berarti banyak saingan. Namun inilah yang ditunggu-tunggu oleh para pembalap,” tambahnya.

Mengenai target, Ijeck berharap dirinya bisa keluar menjadi pemenang.

“Kita lihat saja, harapannya bisa menang. Apalagi peserta yang mengikuti kejurnas ini sangatlah banyak, sehingga bisa dibilang persaingan pun menjadi terasa mengasyikkan,” ucapnya.

Related posts