IOSKI Sumut Gelar Lomba Senam Kreasi Dan Aerobik Expo 2023

IOSKI Sumut Gelar Lomba Senam Kreasi Dan Aerobik Expo 2023
Ketua IOSKI Sumut, Agussalim Samosir M.Or. AIFO foto bersama para juara usai penyerahan hadiah pada event Lomba Senam Kreasi dan Aerobik Expo 2023, di Pendopo Lapangan Astaka Disporasu, Minggu (26/11/2023). (Foto : Ayu).

MEDAN | Bisanews.id | Kadisporasu H Baharuddin Siagian, S, M.Si diwakili Kabid Pemberdayaan Olahraga Disporasu Muhammad Maimon Masri dan Ketua Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Sumut Agussalim Samosir, M.Or.AIFO, secara resmi membuka Lomba Senam Kreasi dan Aerobik Expo Tahun 2023, di Lapangan Astaka Disporasu, Minggu (26/11/2023).

“Kita sangat mengharapkan seluruh maayarakat agar dalam keadaan fit, kreatif dan sportif di setiap tempat lewat senam sehat bugar. Selain itu, dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama,” kata Maimon dalam sambutannya pada kegiatan yang diselenggarakan IOSKI Sumut tersebut.

Menurut dia, olahraga senam harus terus digalakkan di tengah-tengah masyarakat, agar kebiasaan berolahraga menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang.

“Disporasu selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam hal memajukan olahraga di daerah ini. Apalagi, kita akan menjadi tuan rumah PON XXI 2024 bersama Aceh,” pungkas Maimon.

Terpisah, Ketua IOSKi Sumut, Agussalim Samosir M.Or. AIFO, di Medan, Selasa (28/11/2023), mengatakan, selain kegiatan senam dilakukan setiap minggunya di Lapangan Astaka Disporasu, pihaknya juga menggelar lomba senam kreasi dan aerobik agar masyarakat dapat mengetahui pentingnya berolahraga senam.

Adapun lomba senam itu, ujarnya, terbagi dalam beberapa nomor, yaitu SKJ Tingkat Pelajar, Dance Party dan Aerobick Tingkat Mahasiswa, serta Dance Umum.

“Walau pertama kali digelar dan pakai uang pendaftaran, namun pesertanya membludak. Sehingga, kegiatan ini akan digelar per tiga atau per lima bulan setiap tahunnya,” jelasnya.

Agus mengatakan, dalam ajang ini ada sembilan nomor dipertandingkan, baik tingkat pelajar, mahasiswa, dan umum, untuk memperebutkan trofi Kormi Sumut. Setiap peserta harus mengikuti seleksi. Setelah lolos seleksi, langsung ke babak final untuk diseleksi lagi guna mencari juara.

Baca Juga:  Rugikan Korban Rp18 Juta, Penipu Modus Jasa Urus Surat Mobil Dibekuk Polisi

“Makanya diminta kepada seluruh peserta untuk memperlihatkan kebolehannya agar bisa menjadi yang terbaik. Apalagi, lomba ini dikenakan uang pendaftaran bagi perorangan sebesar Rp50 ribu, dan Rp159 ribu untuk per grup,” sebutnya.

Adapun yang keluar sebagai juara pertama senam SKJ, terangnya, diraih SD 066653 Medan Helvetia. Posisi kedua, SD Muhammadiyah Medan, dan tempat ketiga jatuh pada Prasjuhdan Team.

Sementara untuk juara pertama senam SKSU, imbuhnya, kembali diraih SD 066653 Medan Helvetia. Kedua, SD Ar-Rahman Medan, dan ketiga SD Muhammadiyah 02 Medan.

Sedangkan juara pertama senam Mojang Parahiyangan, lanjutnya, direbut regu IOSKI Labuhan Batu. Posisi kedua dipegang Porpi Junior, dan SMA Neg 19 Medan di posisi ketiga. (ayu)