Jenderal Dudung Diapresiasi MUI Dan DPR Terkait Pembangunan Masjid Syarif Abdurachman Cirebon

Jenderal Dudung Diapresiasi MUI Dan DPR Terkait Pembangunan Masjid Syarif Abdurachman Cirebon
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bersalaman dengan seorang prajurit, dalam sebuah kegiatan, beberapa waktu lalu. (Foto : Dok. SMSI).

JAKARTA | Bisanews.id | Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jeje Zainuddin mengapresiasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang telah menginisiasi pembangunan Masjid Syarif Abdurachman, Cirebon.

Menurut dia, masjid yang sudah diresmikian Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin ini tentu sangat positif dan memberi kesan mendalam bagi umat Islam Cirebon khususnya, dan umat Islam Jawa Barat pada umumnya, terhadap TNI AD

“Masjid yang besar nan indah dan megah, menjadi salah satu wujud nyata kepedulian dan kecintaan KSAD terhadap Islam dan umat Islam,” ujar Jeje, Senin (28/8/2023), dalam keterangan pers yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Menurut Ustaz Jeje, fungsi utama masjid yang terletak di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, ini tentu saja untuk menjalankan ibadah salat berjemaah secara lebih khusyuk dan utama. Selain itu, sebagai pusat dakwah yang mengajarkan akidah, akhlak, dan pergaulan sosial yang rukun, damai, toleran, dan harmonis. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2.8 hektar, dengan luas bangunan masjid 1.200 meter persegi, serta dapat menampung 1.700 jemaah.

“Masjid yang indah dan nyaman dengan fasilitas yang memadai juga dapat menjadi sarana untuk memudahkan merekrut anak-anak muda agar lebih tertarik dan cinta kepada agama dan menikmati ibadah,” katanya.

Jeje berharap Jenderal Dudung terus memiliki kepedulian terhadap umat, bertindak adil, bijaksana, tulus, serta ikhlas dalam menjalankan tugas negara. Terlebih, sebagai keturunan Sunan Gungung Jati, Jenderal Dudung dinilai menurunkan nilai-nilai luhur dari Sunan Gunung Jati sebagai pemuka agama yang toleran dan mencintai rakyat dan umat muslim.

“Semoga kepedulian dan pengorbanan KSAD dalam membangun Masjid Syarif Abdurahman mengambarkan tekad seorang pemimpin untuk memuliakan agama, mencintai umat, dan berlaku tulus dan bijaksana dalam memimpin,” harap Jeje.

Baca Juga:  Pemko Medan Gelar Mudik Gratis, Kuota 5 Ribu Orang

Hal senada disampaikan Anggota Komisi I DPR RI, Taufiq R Abdullah. Menurut Taufiq, pembangunan masjid tersebut merupakan bentuk kepedulian Jenderal Dudung kepada agama dan rakyat. Taufiq tidak melihat ada motif lain dari Jenderal Dudung membangun masjid, selain karena kecintaan dia kapada agama dan umat Islam.

“Saya mengapresiasi dan saya husnudzon. Saya sebagai bagian dari umat muslim justru berterima kasih,” katanya.

Menurut Taufiq, pengurus Masjid Syarif Abdurachman sudah pasti cukup mudah menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan KSAD Dudung. Politisi PKB ini meyakini kegiatan keagamaan di masjid ini akan berjalan maksimal. Dan pembangunan masjid ini, lanjut Taufiq, akan memunculkan imej positif masyarakat kepada TNI.

“Apa yang dilakukan itu memunculkan imej positif tentang TNI, karena beliau menjadi salah satu simbol di TNI. Yang bangun kan Pak Dudung, orang menganggap “Oh, ini Pak KSAD baik”. Sudah pasti memunculkan imej bahwa pimpinan TNI baik,” tandas Taufiq.

Writer: HambaliEditor: Abdul Muis