Kadisporasu Minta Pelatih Sambo Harus Bisa Ciptakan Atlet Berskala Nasional

Kadisporasu Minta Pelatih Sambo Harus Bisa Ciptakan Atlet Berskala Nasional
Kadisporasu, Baharuddin Siagian bersama Sekjen Persambi Pusat, Arnold Silalahi, Ketua Pengprov Persambi Sumut, Jansen Saputra Nainggolan, Kabid Olahraga Prestasi Disporasu, Budi Syahputra, UPT PPLP Sumut, H Apri Sugiarto, panitia dan peserta photo bersama usai pelaksanaan penataran pelatih sambo bersertifikat nasional. (Poto : ayu)

MEDAN | Bisanews.id | Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Sumatera Utara (Disporasu), H. Baharuddin Siagian, S.H, M.Si, secara resmi menutup penataran pelatih cabor sambo bersertifikat nasional berlangsung sejak 13-17 Oktober 2023 di Hotel Alam Jalan AR Hakim Medan, Selasa (17/10/2023).

Baharuddin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penataran pelatih cabor sambo bersertifikat nasional ini merupakan program kerja Disporasu melalui sub kegiatan peningkatan standardisasi keolahragaan Tahun 2023

Dikatakan, digelarnya penataran pelatih bersertifikat nasional tidak hanya pada cabor sambo saja, tapi juga terhadap para pelatih-pelatih cabor lainnya seperti beberapa waktu lalu yaitu boxing, sehingga tercipta pelatih berkualitas bisa menjadikan atlet daerah ini tak kalah saing dari provinsi lainnya di Indonesia.

“Saya minta kepada kalian selaku pelatih harus bisa mengaplikasikan ilmu yang kalian dapat dari penataran ini kepada atlet agar lebih baik dari sebelumnya,” katanya serius.

Menurutnya, tahun 2024 mendatang Aceh bersama Sumut akan menjadi tuan rumah bersama melaksanakan PON XXI. Artinya persaingan dalam perolehan medali disetiap cabor sangat ketat. Apalagi pembinaan atlet saat ini disetiap provinsi di Indonesia sudah merata. Untuk itulah peran pelatih sangat dibutuhkan.

“Ayo tunjukkan kehebatan kalian lewat strategi-strategi jitu sehingga atlet daerah ini mampu menciptakan prestasi maksimal. Dan tidak sampai disitu saja, dengan kalian raih sertifikat nasional tersebut, peluang kalian sebagai juru taktik bisa ke jenjang lebih tinggi. Artinya tidak hanya bercokol ditingkat daerah semata,” pungkas Baharuddin mengakhiri.

Sementara Sekjend Persatuan Olahraga Sambo Indonesia (Persambi) Pusat, Arnold Silalahi mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih pada Disporasu yang mana telah mengelar penataran pelatih sambo bersertifikat nasional selama lima hari.

“Untuk itulah saya berharap semua daerah di Indonesia dapat melaksanakan penataran pelatih sambo sebagaimana yang dibuat Disporasu diseluruh Indonesia agar tidak hanya mentor untuk event tingkat daerah atau nasional, tapi internasional,” katanya mengakhiri.

Baca Juga:  Sosialisasi Terapkan TTE, Bupati Batubara Mau Pelayanan Dipercepat

Sedangkan ketua panitia Heni melaporkan penataran pelatih bersertifikat nasional diikufi 15 kabupaten kota yang ada di Sumut. Dan
kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari 4 malam sejak tanggal 13 s.d. 17 Agustus 2023 bertempat di Alam Hotel Jl. AR Hakim No. 169 Pasar Merah Timur Medan.

Adapun Disporasu menggelar kegiatan penataran pelatih sambo bersertifikat nasional bekerjasama dengan Pengprov Persambi Sumut dengan menghadirkan tujuh narasumber dua dari pusat dan lima dari daerah.

Sementara peserta yang mengikuti kegiatan sesuai target berjumlah 30 orang berasal dari 15 Kab/Kota (Langkat 2, Binjai 2, Medan 5, Deli Serdang 2, Karo 2, Tebing Tinggi 1, Humbahas 2, Taput 1, Tapsel 1, Labusel 1, Labuhan Batu Induk 1, Toba 2, T. Balai 2, Sidempuan 2, dan Asahan ada 4 orang).

“Seluruh peserta kegiatan akan mendapatkan Sertifikat Keikutsertaan dan Sertifikat Kelulusan dengan Sertifikasi Nasional,” pungkasnya mengakhiri.