Kapolres Asahan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023

Kapolres Asahan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023
Personel Polres Asahan saat mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023, Senin (4/9/2023), di Mapolres Asahan. (Foto : Humas Polres Asahan).

ASAHAN | Bisanews.id |Kapolres Asahan, AKBP Rocky H Marpaung, SH, SIK, MH, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023 dengan tema Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Senin (4/9/2023), di Mapolres Asahan.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Asahan mengatakan, apel tersebut merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023, baik pada aspek personel, sarana dan prasarana, termasuk keterlibatan unsur instansi terkait.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Sumatera Utara masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap peraturan berlalu lintas dan kepatuhan para pengguna jalan”, katanya.

Dia menjelaskan, sepanjang 2023 telah terjadi 3.855 kasus kecelakaan lalu lintas, yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa. Rinciannya, meninggal dunia 884 orang, luka berat 1.246 orang, luka ringan 4.545 orang, dan kerugian material sejumlah Rp11.332.220.000.

“Operasi Zebra Toba 2023 merupakan operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung dengan penegakan hukum secara elektronik dan tilang di tempat, serta teguran yang humanis bagi pelanggar lalu lintas”, ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Operasi Zebra Toba 2023 juga bertujuan sebagai sarana cipta kondisi menjelang pelaksanaan Ops Mantap Brata Toba 2024, yang dalam pelaksanaannya memberikan adaptasi mengenai tata cara berlalu lintas yang baik kepada masyarakat, sekaligus membentuk kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan hukum yang berlaku.

“Jadilah teladan dalam berlalu lintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga:  Polda Sumut Dan Polres Tanjungbalai Ungkap 4 Kasus Pengangkutan BBM Diduga Tanpa Izin
Writer: KikiEditor: Abdul Muis