Kejari Asahan Gelar Program Jaksa Jaga Desa

Kejari Asahan Gelar Program Jaksa Jaga Desa
Jaksa Muda Sofia Khairunisa Damanik, SH memberikan arahan kepada kepala desa se-Kecamatan Pulo Rakyat yang mengikuti program Jaksa Jaga Desa, di Kantor Camat Pulo Rakyat, Selasa (26/09/2023). (Foto : Kejari Asahan). 

ASAHAN I Bisanews.id I Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan menyelenggarakan program Jaksa Jaga Desa, di Kantor Camat Pulo Rakyat, Selasa (26/09/2023). Kegiatan itu diikuti seluruh kepala desa se-Kecamatan Pulo Rakyat.

Jaksa Muda Sofia Khairunisa Damanik, SH menjelaskan, program Jaksa Jaga Desa merupakan upaya memaksimalkan penggunaan dana desa (DD), dengan menekan permasalahan yang dihadapi kepala desa dan perangkatnya.

“Jaksa Jaga Desa membantu kepala desa dan aparatur desa dalam mengawal pemanfaatan dana desa yang efektif dan akuntabel, untuk pertumbuhan ekonomi”, ucapnya.

Di tempat yang sama Jaksa Muda Rotua Nauli Panjaitan, SH berharap program ini menjadi bagian pembinaan hukum dan kapasitas perangkat desa.

“Karena, sebagai pelaksana kebijakan merupakan faktor penting untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan program-program yang dibiayai oleh dana desa”, sebutnya.

“Program Jaksa Jaga Desa juga menjadi upaya dalam melakukan asistensi, bimbingan, dan penyuluhan hukum pada aparatur desa dan masyarakat, serta menjadi solusi preventif untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan pengelolaan dana desa,” terangnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Asahan, Dedyng Wibiyanto Atabay, SH,MH melalui Kasintel Aldo Marbun, SH mengatakan, peran serta jaksa dalam menjaga desa sangat penting, untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam penggunaan anggaran di desa.

“Jaksa Jaga Desa bertujuan memperkecil ruang terjadinya kesalahan desa dalam administrasi, yang menyebabkan bisa terjadi korupsi, sehingga dengan program ini mampu memberikan pemahaman hukum terhadap semua kepala desa bersama perangkatnya,” katanya.

“Kami memberikan arahan dan pendampingan dalam mempergunakan dana desa agar tepat sasaran, dengan cara konsultasi bersama para Jaksa,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Anak di Bawah Umur di Jalan Karya Wisata Medan
Writer: KikiEditor: Abdul Muis