Komunitas Satu Hati dan Wartawan Unit DPRD Medan Gelar Peringatan Nuzul Quran

Komunitas Satu Hati dan Wartawan Unit DPRD Medan Gelar Peringatan Nuzul Quran
Pengurus Komunitas Satu Hati foto bersama usai peringatan Nuzulul Quran di Kawasan Komplek Asia Megamas Medan. (Foto : Ayu/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id | Komunitas Satu Hati bersama Wartawan Unit DPRD Medan melaksanakan peringatan Nuzul Quran yang berlangsung di Komplek Asia Megamas Medan, Jumat (22/4/2022) malam.

Ketua Umum Satu Hati, Sartijpto King, diwakili Wakil Ketua Umum Satu Hati, Susilo Suratin dalam sambutannya menyebutkan, peringatan Nuzul Quran bertepatan dengan terbentuknya Komunitas Satu Hati pada 2018 lalu, tepatnya pada Bulan Suci Ramadan.

Menurut Susilo, makna peringatan Nuzul Quran sebagai introspeksi dan perenungan sudah sejauh mana kita membaca, menghafal, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Panitia, Said Ilham Assegaf, S.H mengatakan malam Nuzulul Quran menjadi momentum berharga bagi umat Islam. Karena Nuzulul Quran adalah malam diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, bertepatan pada 17 Ramadan.

“Acara ini diharapkan bukan hanya sekedar menjadi seremonial saja, tapi seluruh nilai-nilai aqidah di dalamnya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” kata Said.

Sementara Ustaz Fuad Akbar dalam ceramahnya mengingatkan umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan di bulan yang penuh anugerah ini. Artinya, selesai Ramadan, umat Islam diharapkan semakin taat melaksanakan amalan, seperti sedekah, tidak mudah marah, dan jadilah seorang yang penyabar.

“Karena di bulan suci inilah turunnya Al-Quran, dan kita sebagai umat muslim diharapkan bisa lebih dekat lagi kepada Al Quran, sebagai firman tuhan, sebagai petunjuk, dan sebagai pedoman hidup,” ujar Fuad.

Fuad menuturkan, Ramadan sebagai pengingat kita untuk lebih dekat dengan kegiatan keagamaan. ”Jadi, kami berharap untuk semua pejabat dan aparatur negara, walaupun puasa, tentu harus bisa terus berkinerja dengan baik, tidak harus jadi alasan kalau sedang puasa. Justru dengan berpuasa itu harus banyak ibadah, dan niatkan bekerja itu sebagai ibadah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kapolri Rotasi-Mutasi Ratusan Pati dan Pamen

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan buka puasa bersama Komunitas Satu Hati dengan Wartawan Unit DPRD Medan. Acara dimeriahkan Musisi Jalanan, Akustik Nobank and Friends dengan melantunkan tembang-tembang religius.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Satu Hati Medan Acuan, Tokoh masyarakat Tionghoa Jono Ngatimin, Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sumut Syafii Sitorus S.H, Lurah Sukaramai II Taufik Akbar Rambe, dan Perwakilan Forwaka Sumut Zainul Arifin Siregar.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis