llUMKM Binaan Pemko Medan Meriahkan Racer Day Out Piala Bobby Nasution

llUMKM Binaan Pemko Medan Meriahkan Racer Day Out Piala Bobby Nasution
Tampak salah seorang pedagang sedang menjaga barang datangannya. (Poto: Pemko Medan)

MEDAN | Bisanews. Id Sejumlah pelaku UMKM binaan Pemko Medan melalui Diskopukmperindag ikut meriahkan Race Day Out (RDO) Kolaborasi Medan Berkah yang digelar di Eks Bandara Polonia Medan, Minggu (15/10/2023).

Event balapan yang memperebutkan piala Wali Kota Medan Bobby Nasution ini pun menjadi wadah untuk mengembangkan dan menaikkan kelas UMKM di Kota Medan.

Para pelaku UMKM ini pun mengaku senang dan bersyukur dapat dilibatkan dalam kegiatan seperti ini. Sebab mereka bisa meningkatkan pendapatan dan usahanya lebih dikenal banyak orang.

Seperti yang diungkapkan, Zilda saat ditemui di arena RDO Kolaborasi Medan Berkah. Dirinya pun berharap agar sering digelar event seperti ini.

“Saya senang bisa ikut dalam acara ini, pastinya kami pelaku UMKM sangat memerlukan event seperti ini guna meningkatkan pendapatan usaha. Kalau bisa sering-sering digelar dan mengundang kami terus agar kami para pelaku UMKM dapat naik kelas lagi dan usaha kami lebih dikenal oleh masyarakat,” Jelas Zilda yang memiliki usaha jajanan ringan ini.

Zilda juga mengaku di event RDO ini omset jualannya lumayan meningkat.

Buka dari jam 9 pagi sampai siang, dirinya sudah mengantongi omset sekitar Rp 300 ribu. Kalau sampai sore nanti berharap dapat meraih omset sekitar Rp 1 jutaan.

“Alhamdulillah sampai siang ini sudah ada omset sekitar Rp 300 ribu. Semoga sampai sore ini akan terus meningkat omsetnya,” ujar Zilda sembari mengungkapkan, sering diajak Diskopukmperindag di setiap kegiatan yang banyak mengundang masyarakat.

Pelaku UMKM lainnya, Diki Wahyudi juga mengaku senang bisa diikutsertakan dalam gelaran RDO Kolaborasi Medan Berkah piala Bobby Nasution. Dijelaskan Diki, kegiatan seperti ini dapat memajukan dan meningkatkan usahanya.

“Dengan diadakannya event seperti RDO ini, kami pelaku UMKM sangat berterima kasih karena diikutkan. Pastinya kegiatan seperti ini dapat mensejahterakan dan mengembangkan pelaku UMKM, sehingga udah kami lebih maju. Selain itu kami pelaku UMKM juga akan lebih bersemangat dalam berusaha,” katanya.

Baca Juga:  Zahir Ingatkan Warga Bantu Pemkab Batu Bara Tangani Kasus Stunting

Diki yang mengaku sering diajak Diskopukmperindag pada setiap event ini pun mengaku kegiatan balapan ini pendapatan usahanya meningkat.

“Untuk hari sampai dengan siang pendapatan saya lumayan kisaran Rp 400-800 ribuan,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Diskopukmperindag Kota Medan Benny Iskandar Nasution menjelaskan, pada event RDO Kolaborasi Medan Berkah ini pihaknya mengajak sebanyak 50 pelaku UMKM.

Pelaku usaha yang ikut pada kegiatan ini adalah pelaku usaha di bidang Kuliner dan minuman.

“Ada sekitar 50 pelaku usaha yang kita ikutkan dalam memeriahkan acara RDO Kolaborasi Medan Berkah. Selain di stand yang telah disediakan terdapat juga pelaku usaha Truckfood yang ikut,” jelas Benny didampingi Kabid Koperasi UKM Anwar.

Menurut Benny, diikutkan para pelaku UMKM dalam event ini merupakan upaya Pemko Medan untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha mereka agar pelaku UMKM ini dapat naik kelas.

“Tentunya ini kita lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan program prioritas bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution di bidang Pengembangan UMKM,” sebut Kepala Diskopukmperindag Kota Medan.