Marsombuh Sihol Maujan Simalungun, Edy Rahmayadi Dorong Pemkab Tingkatkan Hasil Perkebunan dan Pertanian

Marsombuh Sihol Maujan Simalungun, Edy Rahmayadi Dorong Pemkab Tingkatkan Hasil Perkebunan dan Pertanian
Gubernur Sumut Edy rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis menghadiri Marsombul Sihol Presidium DPP Partuha Maujana Simalungun (PMS) dan Pelantikan PMS DPC Kota Medan yang diselenggarakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41, Medan, Jum'at (1/9/2023). (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).

MEDAN | Bisanews.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun untuk terus meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan. Karena Kabupaten Simalungun memiliki potensi yang besar dan menjadi penyumbang logist@ik terbesar setelah Kabupaten Karo untuk kebutuhan masyarakat Sumut.

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri Marsombuh Sihol Presidium DPP Maujana Simalungun dan Pelantikan Partuha Maujana Simalungun (PMS) DPC Kota Medan, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat 1 September 2023.

“Simalungun juga merupakan penyumbang logistik bagi kebutuhan masyarakat. Maka dari itu pembangunan harus diutamakan, di antaranya jalan dan juga transportasi. Saya mendorong Pemkab Simalungun untuk melaksanakan itu,” ucap Edy Rahmayadi.

Hadir di antaranya, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Ketua Umum DPP PMS Marsiaman Saragih, Katua MHN DPP PMS Darwan M Purba, Ketua PMS DPC Kota Medan Herdin Saragih, Tokoh Adat, serta ratusan warga Simalungun.

Edy Rahmayadi meyakini bila target pembangunan infrastrukur ini dilakukan dengan baik, serta didukung transportasi yang sudah mumpuni, maka hasil perkebunan dan pertanian dari Simalungun ini dapat pula ditingkatkan lebih baik lagi.

Sementara itu, mengenai situs sejarah di antaranya peninggalan rumah adat Simalungun, Edy Rahmayadi memastikan telah memerintahkan agar seluruh situs dan cagar budaya agar kembali di renovasi dan dibangun kembali.

“Situs rumah adat Simalungun di Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, saya harap dapat segera di bangun dan renovasi. Inilah kebanggaan kita sebagai masyarakat Sumut yang memiliki kearifan lokal dan berbagai macam suku dan agama di antaranya Simalungun,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PMS Marsiaman Saragih kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas perhatian Gubernur Edy Rahmayadi pada masyarakat Simalungun. Di antaranya adalah pembangunan jalan yang sudah mumpuni di Kabupaten Simalungun.

Baca Juga:  Wapres Minta Polri Usut Dana Politik Pemilu dari Perdagangan Narkoba

Selain itu, Marsiaman Saragih juga mengapresiasi Edy Rahmayadi yang telah menyetujui pemugaran kembali peninggalan situs sejarah rumah adat Simalungun yang berada di Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

“Semoga tahun depan sudah terbangun kembali. Atas nama rakyat Simalungun kami ucapkan terima kasih pada bapak yang telah menyetujui pembangunan situs ini. Kami juga ucapkan terima kasih jalan yang berada di Simalungun kini sudah layak dikendarai oleh masyarakat,” katanya.

Pengurus PMS DPC Kota Medan yang dilantik pada kesempatan itu antara lain, Ketua Herdian Saragih, Wakil Ketua Edi Sofyan Purba dan Bendahara Sandro Purba.

Writer: AyEditor: Ayub