Mendikbudristek Lantik Direktur Polmed, Idham Janji Siap Emban Amanah

Mendikbudristek Lantik Direktur Polmed, Idham Janji Siap Emban Amanah
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A menyalami Direktur Polmed Dr. Ir. Idham Kamil, S.T,., M.T usai pelantikan. (Foto : Polmed).

JAKARTA | Bisanews.id | Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A melantik Dr. Ir. Idham Kamil, S.T,., M.T sebagai Direktur Politeknik Negeri Medan (Polmed) periode 2023-2027, di Auditorium Kemdikbudristek, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Pelantikan dihadiri Direktur Polmed periode 2019-2023 Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si, Ketua Senat Polmed Rihat Sebayang, S.T., M.T., Ketua Komisi Akademik Dr. Arfanda Anugerah S, S.T., M.Si., Ketua Komisi Etika dan Sumber Daya Dr. Ismi Affandi, S.E., AK., M.Si., Ketua Komisi Kerja sama dan Kemahasiswaan Yulifati Loaly, S.E., S.H., M.Hum., M.Si., Ph.D., Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum Polmed M.Rikwan E.S. Manik, S,E., M.E.

Dalam sambutannya, Nadiem berharap kepada pemimpin perguruan tinggi yang dilantik dapat segera melakukan kosolidasi dan merumuskan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di unit kerja masing-masing.

“Melalui komitmen yang kuat untuk mentransformasi sistem pendidikan tinggi, kita akan melahirkan talenta-talenta muda yang cerdas dan berkarakter yang siap berkontribusi untuk Indonesia, serta selalu menjunjung tinggi profesionalitas, dan terus kuatkan semangat kolaborasi. Masa depan anak-anak Indonesia bergantung pada komitmen kita untuk mentransformasi dan memajukan sistem pendidikan. Oleh karena itu, mari terus kuatkan kolaborasi kita untuk bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” ungkapnya.

Selanjutnya, Mendikbudristek juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Direktur Polmed sebelumnya, Abdul Rakman, S.E., Ak., M.Si, atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa selama memangku jabatan yang membawa banyak perubahan dan pencapaian di Politeknik Negeri Medan.

Direktur Polmed, Dr. Ir. Idham Kamil, S.T., M.T, pada kesempatan itu mengatakan akan meningkatan penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Miliki Ganja, Buruh Ditangkap Satres Narkoba Polres Sibolga

Dia menegaskan, siap mengemban amanah dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk mewujudkan visi dan misi Polmed.

“Kita akan terus memaksimalkan dan menargetkan pelaksanaan program MBKM di Politeknik Negeri Medan, termasuk dalam peningkatan mutu pembelajaran dan tata kelola perguruan tinggi. Pelaksanaan program ini akan memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa, sumber daya manusia, juga memberi dampak positif bagi mitra industri. Kita juga siap bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang unggul melalui program MBKM.” tambahnya.

Disebutkan, Idham terpilih menjadi Direktur Polmed periode 2023-2027 setelah berhasil mengungguli dua kandidat lainnya, yaitu Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si, dan Dr. Roslina, M.I.T. Pengumuman pemilihan Direktur ini dilakukan di Polmed.

Berdasarkan hasil pemungutan suara oleh Senat Polmed dan Kuasa Mendikbudristek, Dr. Ir. Idham Kamil, S.T., M.T, yang juga merupakan Dosen Teknik Mesin Polmed unggul memperoleh 35 suara, Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si, memperoleh 20 suara, sedangkan Dr. Roslina, M.I.T memperoleh 2 suara.

Pemilihan ini melibatkan suara Senat Polmed 65% dan Menteri dengan 35%. Anggota Senat yang hadir sebanyak 37 orang, dan suara Menteri sebanyak. 20 suara.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis