MUI : Umat Islam Haram Ucapkan Selamat Natal dan Bakar Petasan Malam Tahun Baru 

MUI : Umat Islam Haram Ucapkan Selamat Natal dan Bakar Petasan Malam Tahun Baru
Ketua MUI Sumut H Maratua Simanjuntak. (Foto : Dok. Arah Kata / Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan fatwa haram bagi umat Islam merayakan atau mengucapkan selamat hari Natal yang jatuh pada 25 Desember 2021.

“Merujuk pada fatwa MUI nomor 5 Tahun 1981 tentang Perayaan Natal Bersama bahwa mengikuti upacara Natal bersama bagi umat Islam hukumnya haram,” demikian bunyi surat edaran MUI Sumut nomor 039/DP-PII/XII/2021 yang ditandatangani Ketua MUI Sumut H.Maratua Simanjuntak tertanggal 9 Desember 2021, seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) Senin (13/12/2021).

MUI Sumut menghimbau umat Islam untuk tidak ikut dalam perayaan Natal agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang dilarang agama.

“Sejalan dengan itu juga umat Islam tidak dibenarkan untuk mengucapkan ‘Selamat Natal’ kerena peringatan Natal sebagaimana disebut dalam fatwa MUI tidak dapat dipisahkan dengan nuansa aqidah yang tidak sesuai dengan syariat Islam”, kata Maratua Simanjutak.

MUI Sumut juga melarang menggunakan atribut Natal. Larangan ini sejalan dengan fatwa MUI nomo 58 Tahun 2016 tentang Penggunaan Atribut Keagamaan Non Muslim yang hukumnya haram.

“Menggunakan atribut keagamaan non muslim adalah haram. Maka MUI Sumatera Utara menghimbau umat Islam untuk mempedomani dan melaksanakannya,” ujarnya.

Selain itu umat Islam juga dihimbau agar tidak membakar petasan pada saat malam pergantian tahun baru 2021 ke 2022 karena sesuai dengan Fatwa MUI Sumatera Utara nomor 03 Tahun 2017 disebutkan ‘membakar petasan hukumnya adalah haram’.

Baca Juga:  Formasu Jakarta Apresiasi Polda Sumut Raih Perhargaan Tipikor Terbaik

Related posts