Museum Nasional Terbakar, 21 Petugas Damkar Dikerahkan

Museum Nasional Terbakar, 21 Petugas Damkar Dikerahkan
Museum Nasional Terbakar, 21 Petugas Damkar Dikerahkan

MEDANSATU.ID – Kebakaran menghanguskan bangunan Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Kebakaran hebat itu terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Namun demikian, belum diketahui, penyebab kebakaran itu. Sampai berita ini diturunkan, petugas damkar masih melakukan upaya pemadaman.

“Objek museum Gajah Gedung A. Jenis bangunan Menengah,” demikian tulis Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Kurang lebih tujuh unit mobil Damkar dengan 21 personel pun dikerahkan. Saat ini, proses pemadaman masih berlangsung.

Dari video yang diperoleh, tampak api membubung tinggi dan suasana mencekam. Sedangkan, petugas damkar masih berusaha memadamkan api.

Nadiem: Prioritas Selamatkan Artefak

Museum Nasional (Museum Gajah) akan memprioritaskan penyelamatan artefak dan benda-benda sejarah pasca kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Mendikbudristek Nadiem Makarim sudah berkoordinasi untuk membuat tim museum bekerja sama dengan aparat kepolisian serta aparat pemadam kebakaran untuk memastikan pencatatan kerusakan benda-benda bersejarah.

“Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini,” terang Nadiem kepada wartawan, Minggu (17/9/2023).

Menurutnya, satu hal penting yang menjadi prioritas utama yaitu keamanan struktural dari gedung-gedung juga ruangan yang terbakar.

Adapun, hingga saat ini kondisi gedung belum disebut aman oleh aparat pemadam kebakaran.

Nadiem melanjutkan Museum Nasional akan ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

Secara linier, pihak kepolisian segera melakukan investigasi soal apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut.

Melansir laman Instagram resminya, @museumnasionalindonesia, Museum memiliki prioritas untuk melindungi artefak berharga dan benda sejarah di dalamnya

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran

Sementara itu, Polres Metro Jakarta Pusat menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) insiden kebakaran yang melanda Museum Nasional pada Sabtu (16/9/2023) malam. Proses ini sebagai tindak lanjut untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Baca Juga:  Warga Medan Agar Hubungi Call Canter Bapeda Medan Ketika tak Menerima SPPT PBB

“Hari ini ada (olah TKP). Tindak lanjut sudah dari semalam sudah kita tindak lanjuti, kalau penyebabnya ya belum, kan masih nunggu hasil labfor,” ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin saat dihubungi, Minggu (17/9/2023).

Menurut Komarudin, kegiatan olah TKP ini akan melibatkan beberapa stakeholder terkait. Salah satunya dari pihak museum untuk melakukan pendataan kemungkinan barang yang terbakar.

“Hari ini akan turun tim labfor. Ada tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum,” ujarnya.

Komarudin memperkirakan objek yang terbakar dalam insiden ini hanya 20 persen. Dia juga menyebut saat ini polisi telah memeriksa enam saksi terkait kasus kebakaran Museum Nasional.

“Sekitar, kalo secara keseluruhan ya kalo hanya gedung A sekitar 20 persen. 10 sampai 20 persen. Enggak, B dan C enggak (terbakar),” tuturnya.

“Yang kita interogasi sudah enam orang,” imbuhnya.

 

Writer: AyEditor: Ayub