NPCI Sumut Siap Hadapi Peparnas 2024

NPCI Sumut Siap Hadapi Peparnas 2024
Atlet NPCI Sumut, Anto Boy saat mengikuti tes rekor angkatan di Sekretariat NPCI Sumut, kemarin. (Poto : ayu)

MEDAN | Bisanews.id | National Pralympic Commite Indonesia (NPCI) Sumut menyatakan siap bersaing dalam perolehan medali emas saat menghadapi event Pekan Pralympic Nasional (Peparnas) Oktober 2024 mendatang.

“Dari 14 cabor yang diikuti, ada lima cabor andalan yang selama terus memberikan kontribusi besar bagi NPCI Sumut baik di Peparnas sebelumnya maupun di event internasional diantaranya, para atletik, para catur, para judo, para tenis meja dan para angkat berat,” kata Ketua NPCI Sumut, Alan Sastra Ginting saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/6/2024).

Dikatakan, sementara sembilan cabor lainnya juga dinilai bisa menjadi adalan, bahkan menjadi kuda hitam di Peparnas nanti kalau dilihat dari progres latihan yang dilakukan seperti cabor debutan baru yaitu, para taekwondo.

Menurut Alan, NPCI Sumut pada Peparnas kali ini menurunkan 100 orang atlet putra-putri yang siap menargetkan peningkatan medali dan rengking. Sebab pada Peparnas Papua tahun 2021 lalu, Sumut berada posisi lima besar dengan 27 emas.

“Insha Allah tahun ini NPC Sumut akan menargetkan 35 medali emas dan masuk kerangking empat atau tiga nasional,” kata Alan serius.

Disinggung turunnya Anto Boy, Alan sangat mengharapkan sekali kemampuannya saat tampil nanti agar bisa mendulang emas. Apalagi Anto Boy sendiri dinilai merupakan atler distabilitas yang sudah malang melintang diajang nasional.

Tapi Alan tak mau gegabah. Ia tetap mengingatkan para pelatih dengan mewanti-wanti atletnya agar jangan cepat bangga diri mengingat persaingan ketat dari seluruh provinsi akan terjadi di event Peparnas tahun ini.

“Kenapa saya mengatakan siap walau tetap waspada, sebab jauh-jauh hari atlet kita sudah melakukan TC penuh (konsen) secara serius. Sebab NPCI Sumut, tak ingin terperosok ke peringkat di bawah 5 besar, karena kita pasang target tiga besar nasional,” ucap Alan serius.

Baca Juga:  Laga Sepak Bola, Wartawan FC Asahan 3 - 3 PWI FC Batu Bara

Jadi untuk mengetahui hal itu, dalam waktu dekat ini, NPCI Sumut akan memanggil seluruh pelatih dari 12 cabor guna membahas sejauh mana progres pembinaan yang dilakukan selama ini.

Mengenai Peparnas akan dipindahkan ke Solo akibat belum adanya kejelasan dilangsungkan di Sumut, Alan msngatakan, tidak bisa menjawab. Sebab itu ranahnya Pj Gubernur Sumatera Utara.

Dan soal anggaran pembinaan NPC Sumut di 2024, Alan sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemprovsu mengingat NPCI Sumut tidak hanya membina atlet yang diterjunkan ke Peparnas tahun ini, namun juga membina atlet regenerasi yang masuk dalam Program Sumut Juara (PSJ) total berjumlah 50 orang lebih.

“Soal perpindahan, itu ada ditangan Pj Gubsu. Tapi yang terpenting bagi saya adalah, lancarnya dana pembinaan bagi atlet distabilitas daerah ini agar tetap bisa bersaing dan duduk diposisi empat atau tiga bahkan satu nasional,” pungkasnya.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis