Pemkab Sergai Berkomitmen Perkuat Sektor Holtikultura, Memiliki Potensi Pertanian yang Luar Biasa, Seperti Cabai

Pemkab Sergai Berkomitmen Perkuat Sektor Holtikultura, Memiliki Potensi Pertanian yang Luar Biasa, Seperti Cabai
Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan saat ikut serta dalam panen cabai merah milik petani di Dusun II Pematang Kandis, Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Rabu (11/10/2023).(Foto : Media Center Sergai/Herry/bisanews.id)

SERGAI | Bisanews.id | Sektor pertanian hortikultura di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki potensi besar untuk memenuhi pasokan di pasar dan menstabilkan stok pangan daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan saat ikut serta dalam panen cabai merah milik petani di Dusun II Pematang Kandis, Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Rabu (11/10/2023).

Selain perkebunan dan persawahan, Wabup Sergai menyebut jika Tanah Bertuah Negeri Beradat juga memiliki potensi pertanian yang luar biasa, salah satunya cabai.

“Alhamdullilah, hari ini kita lihat bersama bagaimana produktivitas petani cabai di Sergai sungguh sangat baik. Saya sangat mengapresiasi semangat para petani cabai kita yang panennya menghasilkan jumlah yang bisa dibilang cukup lumayan,” ucapnya.

Dirinya menyebut saat ini Sergai sudah memiliki status sebagai lumbung padi di Provinsi Sumatera Utara. Kedepan ia berharap status serupa, yaitu Sergai sebagai penyuplai bahan pangan cabai terbesar, bisa dicapai.

Hal ini, sebutnya, sejalan dengan salah satu program Sapta Dambaan yaitu Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan.

“Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor prioritas di Kabupaten Sergai. Kedepannya pertanian di Sergai kita lebih arahkan kepada pertanian organik dan pengembangan komoditi hortikultura dengan lebih banyak melibatkan kaum muda tani,” tambahnya.

Untuk mendukung pencapaian target tersebut, Wabup menyebut pihaknya melalui Dinas Pertanian, akan lebih aktif meningkatkan kompetensi para petani lokal.

“Mungkin kedepan kita akan lebih intens memberikan program dan pelatihan untuk seluruh petani di Sergai untuk beralih menjadi petani holtikultura. Ini supaya hasil pertanian holtikultura di Sergai dapat meningkat lebih pesat lagi,” ucapnya.

Adlin berharap, dengan banyaknya lahan pertanian hortikultura, salah satunya cabai, Sergai bisa surplus sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:  Lakukan P4GN, BNNK Asahan Angkut 12 Orang Positif Gunakan Narkotika dari Rumah Kontrakan 

“Kita tentu berharap kebutuhan stok cabai di pasaran dapat terjamin. Masyarakat dan petani senang, serta di saat yang sama kita bisa meminimalisir terjadinya inflasi,” tandasnya.

Hadir dalam panen kali ini Kepala Dinas Pertanian Dedy Iskandar, SP, MM, Camat Perbaungan M. Fahmi, S.STP, MAP, Kades Pematang Sijonam Rusiadi, serta para petani cabai.