Pemko Medan Siap Dukung Bawaslu Tertibkan APK

Pemko Medan Siap Dukung Bawaslu Tertibkan APK
Asisten Pemerintah dan Sosial Pemko Medan, Muhammad Sofyan menyampaikan sambutan Wali Kota Medan pada rapat koordinasi bersama stakeholder dalam rangka penertiban alat peraga kampanye Pemilu 2024, di Hotel Grand City Hall, Kamis (8/2/2024). (Foto : Pemko Medan).

MEDAN | Bisanews.id |Pemko Medan menyatakan siap memberikan dukungan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan dalam penertiban alat peraga kampanye (APK). Selain karena amanat undang-undang, hal ini juga dilakukan agar masyarakat merasa tenang saat pemberlakuan ‘masa tenang’ Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, diwakili Asisten Pemerintah dan Sosial Muhammad Sofyan pada rapat koordinasi bersama stakeholder dalam rangka penertiban alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024, yang digelar Bawaslu Kota Medan di Hotel Grand City Hall, Kamis (8/2/2024).

“Pada prinsipnya Bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sesuai dengan amanah undang-undang akan memberikan dukungan penuh terhadap Bawaslu dalam penertiban APK di wilayah Kota Medan,” kata Sofyan, di hadapan Ketua Bawaslu Medan David Reynold dan perwakilan partai politik yang hadir.

Dijelaskannya, penertiban APK merupakan tugas dan tanggung jawab serta wewenang Bawaslu kota Medan. Namun, harus dipahami Bawaslu memiliki aparatur yang terbatas, meskipun mereka ada sampai di tingkat Kelurahan.

“Tentunya mereka tidak akan mampu melakukan penertiban APK sendirian. Oleh karenanya, sesuai undang-undang, Bawaslu Kota Medan dapat melakukan permohonan kepada Pemko Medan untuk membantu secara bersama-sama melakukan penertiban APK ini,” jelasnya.

Menurut Sofyan, penertiban APK merupakan pekerjaan rutin setiap ada pemilu. Meskipun begitu, kegiatan itu tidak bisa dianggap enteng.

“Karena, ketika dalam kegiatan penertiban APK ini tidak berjalan dengan baik dan memuaskan semua pihak ataupun tidak dengan clear kita lakukan, maka tiga hari masa tenang jangan sampai nanti ketenangan itu tidak diperoleh masyarakat, terlebih di hari pelaksanaan pemilu,” ujar Sofyan.

Dia menuturkan, pada 11 Februari 2024 dini hari sudah bisa dilakukan penertiban terhadap APK yang ada di Medan. Artinya, dalam waktu yang singkat itu seluruh wilayah Kota Medan harus bersih dari APK.

Baca Juga:  DPRD Asahan Gelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan 4 Ranperda

“Dalam penertiban APK tentunya akan sangat mudah dan terbantu dengan peran dari peserta pemilu itu sendiri, baik dari partai politik maupun pasangan capres. Ini harapan dari Pemko Medan secara bersama-sama berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan penertiban APK,” sebutnya.

Sofyan menambahkan, dukungan fasilitas Pemko Medan dalam penertiban APK ini akan melibatkan perangkat daerah terkait, yakni Satpol PP dan jajaran kecamatan. (ayu)