Penandatanganan NPHD Bukti Dukungan Pemkab Sergai Terhadap Pilkada 2024

Penandatanganan NPHD Bukti Dukungan Pemkab Sergai Terhadap Pilkada 2024
Bupati Sergai, H. Darma Wijaya menandatangani NPHD untuk Pilkada 2024, di Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Rabu (29/11/2023). (Foto: Media Center Sergai/Bisanews.id/Herry suheiri). 

SERGAI |Bisanews.id|Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sergai dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sergai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya Bupati menyebutkan, pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), disebutkan bahwa Pemilihan Bupati/Wakil Bupati diharuskan ada tahapan penandatanganan NPHD.

Bupati menjelaskan, penandatanganan NPHD merupakan bukti dukungan Pemkab Sergai terhadap pelaksanaan Pilkada 2024. Karena, keberhasilan pelaksanaan Pilkada bukan hanya kewajiban KPU dan Bawaslu saja, tapi juga pemerintah daerah, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, instasi terkait, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Pelaksanaan pilkada merupakan hal yang kompleks, sama seperti pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), karena banyak hal yang sedini mungkin harus dipersiapkan. Hal itu dimaksudkan agar terciptanya iklim demokratis yang kondusif di tengah masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” ujarnya.

Kesepakatan yang tertuang dalam berita acara kesepakatan antara KPU, Bawaslu dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sergai, jelas Bupati, adalah untuk menindaklanjuti regulasi dan peraturan yang ditetapkan pemerintah, yaitu antara lain 40 % dari total dana hibah dianggarkan pada 2023, dan 60 % dianggarkan pada 2024.

“Berdasarkan dari rapat pembahasan dan verifikasi yang dilakukan antara KPU, Bawaslu, TAPD, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sergai, ditetapkan hibah untuk Bawaslu sebesar 11,2 miliar rupiah, dan untuk KPU dengan besaran lebih kurang 33,4 miliar rupiah. Maka dari itu, Pemkab Sergai sangat berharap hibah pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Sergai,” paparnya.

Baca Juga:  Pendidikan di Sergai Bersifat Holistik dan Inklusif

Dia berharap, anggaran untuk Pilkada dapat benar-benar digunakan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa meninggalkan masalah di kemudian hari.

“Mengakhiri sambutan ini saya ingin mengajak kepada kita semua untuk terus mendukung dan menyosialisasikan Pemilu/Pilpres dan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, sehingga semuanya dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar,” tandas Bupati.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, Dandim 0204/DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, SH, MSi, Ketua DPRD Sergai H. M. Ilham Ritonga, SE, mewakili Kapolres Tebing Tinggi, Sekdakab Sergai M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Ketua Bawaslu Sergai Ewin Sahputra Saragih, Ketua KPU Sergai Fuad Hasan Lubis, Asisten, Staf Ahli, serta para Kepala OPD terkait. (Herry)