Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bukan Sekadar Mengingat Sejarah Bangsa

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bukan Sekadar Mengingat Sejarah Bangsa
Unsur Forkopimda Asahan foto bersama usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Asahan, Minggu (01/10/2023). (Foto: Kominfo Asahan). 

ASAHAN I Bisanews.id I Pemkab Asahan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Asahan, Minggu (01/10/2023) pagi.

Meski dilangsungkan secara sederhana, namun tidak mengurangi kekhidmatan upacara yang diinspekturi Bupati Asahan, H. Surya, BSC tersebut.

Upacara diikuti Kajari Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakili Danlanal TBA, mewakili Danyon 126/KC, mewakili Kapolres Asahan, Sekdakab Asahan, Asisten, OPD, Ketua Etnis, pelajar, ASN, personel TNI dan Polri.

Usai upacara, Bupati mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk merefleksikan kembali penghayatan nilai-nilai Pancasila, baik bagi pemimpin maupun masyarakat.

Menurutnya, kegiatan itu bukan sekadar mengingatkan kita tentang sejarah bangsa Indonesia. Namun, juga membedah nilai-nilai luhur Pancasila, dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sejarah tentu tidak boleh dilupakan. Namun, tidak kalah penting adalah menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Bupati mengingatkan generasi muda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan mengasah kreativitas dan menambah wawasan, hingga bisa turut andil dalam pembangunan nasional.

Dia juga meminta generasi muda untuk terus memupuk nasionalisme dan rasa cinta kepada tanah air. Sebab, generasi muda adalah penerus bangsa di masa mendatang.

“Artinya, nasib bangsa ada dalam genggaman generasi penerus, ungkapnya. (Kiki)

Baca Juga:  Kloter Pertama Haji Terbang 24 Mei 2023, Ini Tuntunan Bagi Jamaah Sebelum Meninggalkan Tanah Air
Writer: KikiEditor: Abdul Muis