Popprovsu 2024: Deliserdang Juara Umum Dua Cabor Judo

Popprovsu 2024: Deliserdang Juara Umum Dua Cabor Judo
Ketua Umum Pengcab PJSI Deliserdang, Muhammad Yahya Nasution SE, Kepala Pelatih, Toto Ardhat Subroto dan pengurus serta para atlet photo bersama usai meraih posisi dua umum ajang Popprovsu 2024 yang berakhir, Kamis (3/7/2024) kemarin. (Poto : istimewa)

MEDAN | Bisanews.id | Pengcab Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kabupaten Deli Serdang meraih juara umum dua pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) untuk cabor judo, setelah meraih 1 medali emas, 2 perak, 6 perunggu, dalam pertandingan yang berakhir di Padepokan Judo Sumut, Jalan Gaharu, Medan, Kamis (4/7/2024).

Adapun juara pertama diraih kota Medan dengan menyabet 9 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan ketiga, diraih Kabupaten Dairi, dengan meraih 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Disusul Binjai dengan 1 emas, 1 perak, 4 perunggu.

Kemudian, Tebing Tinggi 1 emas, 1 perak, 1 perunggu, Karo 1 emas, 2 perunggu, Tanjung Balai dan Serdang Bedagai masing-masing 2 perak, 2 perunggu, Padang Sidimpuan 1 perak, 3 perunggu, serta Humbahas dan Taput sama-sama mengoleksi 1 perunggu.

Event yang digelar selama dua hari, Rabu (3/7/2024) dan Kamis (4/7/2024) itu, diikuti 71 pejudo dari 11 kabupaten dan kota se-Sumut.

Ketua Pengcab Persatuan PJSI Deliserdang, Muhammad Yahya Nasution SE ditemui di Medan, Sabtu (6/7/2024) mengatakan, Kabupaten Deliserdang saat mengikuti Popprovsu 2024 untuk pertama kalinya, menurunkan 11 atlet terdiri dari 5 putra dan 6 putri.

Dikatakan, dalam mengikuti Popprovsu 2024, kali ini PJSI Deliserdang menurunkan 11 atlet dengan status pelajar, dimana 7 orang bersekolah di Perguruan swasta SMP/SMP Bandung Jalan Pengabdian Bandar Setia Kec Perang Sei Tuan.

“Mereka direkrut dari klub-klub judo yang ada di Deliserdang seperti, Thiyosi Club dan lainnya. Tapi penjaringan dilakukan tidak aaal jadi, melainkan yang juara saat mengikuti kejuaraan judo seperti event kejuaraan antar klub digelar pada 1 Juni 2024 dengan 51peserta yang diketuai Faisal Areif,” ucap Yahya lagi.

Adapun para atlet peraih medali emas l putra yaitu, Jhonatan Abigael Panggabean -66 kg putra. Medali perak diraih, Ufaiz -55 kg (putra), Hiromi Kimura -52 kg (perak) putri. Dan medali perunggu diperoleh, Rafly -60 kg serta Alfredo +81 kg. Sedangkan perunggu katagori putri, Kiki -40 kg, Vanesa Arif -48kg, Mutiara 57 kg dan Yossi -63 kg.

Baca Juga:  Liga 2, Hadapi PSPS Riau di Stadion Kaharuddin Nasution, PSMS Medan Bertekad Raih 3 Poin

Menurut Yahya, pihaknya salut dan bangga pada atletnya yang berhasil tampil maksimal dengan meraih posisi kedua pada event Popprovsu 2024.
Sebab kalau diingat persiapan, hanya dilakukan dalam waktu singkat yaitu satu bulan saja.

“Untuk itulah pihanya merasa bersyukur pada Allah SWT atas keberhasilan diraih atlet judo Deliserdang yang baru pertama kali ikut berlaga judo di Popprovsu. Maka dari keberhasilan ini, saya selaku Ketua PJSI Deliserdang mendukung penuh setiap program PJSI Sumut yang di ketuai Mhd Arif Fadillah SH,” katanya lagi.

Ditambahkan, kesempatan tak datang kedua kalinya, sehingga pembinaan atlet judo di Deliserdang terus ditingkatkan dengan membuat kerja sama ke sekolah-sekolah, bahkan klub-klub judo untuk menciptakan atlet-atlet berbakat kedepan.

“Ya sosialisasi dalam hal penjaringan untuk mendapatkan para atlet terus dilakukan, sehingga regenerasi kedepan tak putus telah menjadi agenda penting bagi kami. Salah satunya kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah SMP/SMA Bandung. Apalagi kedepannya kita sangat berkeinginan meraih juara umum,” ujarnya.

Dan menurut Yahya, keberhasilan atlet tak tak terlepas dari peran pelatih dalam hal memberikan materi disetiap jadwal latihan yang telah dijadwalkan.

“Untuk itulah PJSI Deliserdang merekrut Toto Ardhat Subroto sebagai kepala pelatih. Sebab Toto pelatih dengan syarat pengalaman. Ia juga pernah melatih atlet disalah satu klub judo yang ada Singapore pada tahun 2000 silam dan dibeberapa tempat lainnya,” pungkasnya mengakhiri.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis