PULSAH Ubah Sampah Jadi Sedekah

PULSAH Ubah Sampah Jadi Sedekah
Camat Medan Deli, Indra Utama menerima sampah dari petugas, Rabu (23/8/2023), di Medan. (Foto : Pemko Medan). 

MEDAN | Bisanews.id |Guna mendukung program Pemko Medan di bidang kebersihan, Pemerintahan Kecamatan Medan Deli melakukan inovasi Kumpulkan Sampah Untuk Sedekah (PULSAH).

Camat Medan Deli, Indra Utama, Rabu (23/8/2023), di Medan, menuturkan, PULSAH bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mau memilah sampah rumah tangga untuk dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Dengan adanya inovasi ini, ujarnya, setiap Senin seluruh jajaran Kecamatan Medan Deli beserta kelurahan dan kepala lingkungan (kepling) membawa sampah dari rumah masing-masing untuk dikumpulkan dan diserahkan kepada relawan Bank Sampah.

“Jadi upaya kita dalam memilah sampah ini dimulai dari diri kita dulu. Secara rutin seluruh ASN kecamatan dan kelurahan, termasuk kepling, diwajibkan membawa sampah terpilah dari rumahnya masing-masing, seperti botol minuman, plastik, ataupun kaleng. Sampah ini kita kumpulkan untuk ditimbang dan diserahkan ke relawan Bank Sampah,” kata Indra.

Dijelaskannya, dari hasil sampah yang sudah diserahkan ke Bank Sampah tersebut nantinya akan dibelikan sembako untuk disalurkan ke masyarakat kurang mampu.

“Dengan adanya inovasi ini tentunya kita berharap dapat mengurangi sampah, sekaligus juga membantu masyarakat kita yang kurang mampu,” paparnya.

Ke depan, ujarnya, masyarakat dapat memanfaatkan inovasi ini untuk mengurangi sampah yang ada di rumah masing-masing.

“Jadi, bagi masyarakat yang ingin memilah sampahnya untuk diserahkan ke Bank Sampah, kami siap untuk menjemputnya,” pungkasnya.

Baca Juga:  Radio Kardopa 50 Tahun, Edy Rahmayadi Ucapkan Selamat
Writer: AyuEditor: Abdul Muis