Puluhan Kendaraan Parkir Di Trotoar Ditertibkan

Puluhan Kendaraan Parkir Di Trotoar Ditertibkan
Petugas Dishub Medan menertibkan kendaraan warga yang parkir di atas trotoar Jalan Ahmad Yani, Medan, Minggu (1/10/2023). (Foto : Pemko Medan).

MEDAN | Bisanews.id | Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan melakukan penertiban parkir kendaraan di atas trotoar Jalan Ahmad Yani, Medan, Minggu (1/10/2023). Dalam penertiban itu Dishub menertibkan puluhan sepeda motor.

“Jelas kita tegaskan, bahwa trotoar bukan lahan parkir. Kemarin, hari ini dan seterusnya, kita akan terus melakukan penertiban parkir di atas trotoar, termasuk di kawasan Kesawan,” kata Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis S.SiT MT.

Dikatakan Iswar, sesuai instruksi Wali Kota Medan, Bobby Nasution, trotoar sebagai fasilitas umum harus benar-benar menjadi hak pejalan kaki dan bukan menjadi lahan parkir tepi jalan.

“Sesuai instruksi Pak Wali, kita ingin kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas dapat meningkat dari waktu ke waktu, termasuk dengan tidak memarkirkan kendaraannya di trotoar dan tempat terlarang lainnya,” ujarnya.

Terkhusus penertiban parkir di kawasan Kesawan, terang Iswar, hal itu juga merupakan bentuk dukungan Pemko Medan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang saat ini sedang melakukan percepatan penataan Kawasan Kesawan, Kota Medan.

Apalagi, ujarnya, diketahui percepatan penataan Kesawan sebagai kawasan heritage di Kota Medan merupakan salah satu dari lima program prioritas Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution.

“Sesuai arahan dari Pak Wali juga, semua pihak harus mendukung percepatan penataan kawasan Kesawan. Penertiban parkir di Jalan Ahmad Yani ini kita harapkan dapat membantu proses percepatan proyek penataan tersebut,” katanya.

Untuk itu, Iswar mengimbau kepada seluruh pengendara sepeda motor di Kota Medan untuk tidak lagi memarkirkan kendaraannya di atas trotoar, termasuk di kawasan Kesawan.

“Para pemilik atau pengelola bangunan di kawasan Kesawan juga kita minta untuk tidak mengizinkan atau membiarkan trotoar di depan bangunannya sebagai tempat parkir. Semua pihak harus bersama-sama mendukung program Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution dalam upaya percepatan penataan kawasan Kesawan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kondisi Ketenagakerjaan di Kota Medan Cenderung Lebih Baik
Writer: AyuEditor: Abdul Muis