Tidak Hanya Sepak Bola, UMA Siap Kembangkan Cabor Lain

Tidak Hanya Sepak Bola, UMA Siap Kembangkan Cabor Lain
Tim Brimo Langkat berfoto bersama Rektor UMA dan Sekjen Asprov PSSI Sumut usai laga final Turnamen Sepak Bola Wanita, di Lapangan Sepak Bola UMA, Sabtu (3/2/2024) lalu. (Foto : Ayu). 

MEDAN | Bisanews.id |Rektor Universitas Medan Area (UMA), Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng M.Sc didampingi Sekum Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdi, dan Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) Sumut, Yuni Syahputri, SE.M.Si, di Medan, Senin (6/2/2024), mengatakan, untuk menjadikan UMA sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang peduli dengan pengembangan olahraga di daerah sebenarnya sudah lama.

“Apalagi, UMA sendiri punya sejarah yang tak bisa dilupakan, mengingat beberapa mahasiswa kita dulunya pernah memperkuat PSMS Medan, salah satunya yang terkenal Iwan Karo-karo,” kata Dadan.

Untuk itulah, ujar Dadan, pihaknya akan mengembangkan cabang olahraga (cabor) lainnya, tidak hanya sepak bola.

“Artinya, cabor full kontak,” ucapnya.

Menurutnya, dalam hal pembinaan atlet, pihak kampus sudah memberitahukan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi untuk memilih cabor yang digemari.

“Ya, kita ingin menjadikan para mahasiswa mahasiswi UMA lebih berguna, baik dari kejurusan yang ia ambil, juga dari olahraga. Di mana nantinya bisa diaplikasikan ke tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

TURNAMEN SEPAK BOLA WANITA

Sementara itu, Sekum Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdi, mengatakan, pada Turnamen Sepak Bola Wanita yang digelar di Lapangan Sepak Bola UMA, Sabtu (3/2/2024) lalu, pihaknya memberikan tali asih kepada semua tim. Tujuannya, agar para pemain tetap bersemangat dalam berlatih, sehingga dapat membanggakan Sumut di setiap event ke depan.

“Dan dari turnamen ini kita telah memilih 12 pemain sebagai pesepak bola wanita terbaik lewat talent scouting yang bakal dipersiapkan menghadapi event nasional nantinya,” kata Fityan.

Menurut Fityan, dari 12 pemain itu, tujuh di antaranya berasal dari tim Brimo Langkat, yaitu Indah Yuhasara (kiper 2007), Rajula Syam (gelandang 2008), Nia Ramadhani Siregar (gelandang 2007), Nadira Umaya (belakang 2008), Suly Bintang Lestary Br. Daulay (back kanan 2007), Novia Azzahra (gelandang 2007), dan Widia (gelandang 2007).

Baca Juga:  Bupati Asahan Sosialisasikan Program BAAS

Sementara, ujarnya, dua penain berasal dari tim PS Buana Putar, yaitu Dwi Feby Ayu (gelandang 2008), dan Suci Ramadhani (striker 2008). Sedangkan satu dari tim Medan Utara FC, Isma Ramadhani (gelandang 2008), serta satu dari tim Merah Putih Perbaungan, Amelia Putri (striker 2007), juga dari tim Siemove, Jihan Alika (kiper 2007).

Dia menjelaskan, yang ikut meramaikan Turnamen Sepak Bola Wanita tersebut sebanyak lima tim, yaitu Medan Utara (Medan), She Moves (Binjai), Brimo Langkat (Langkat), Merah Putih (Sergai), dan Buana Putra (Rantau Parapat).

Tim yang keluar sebagai juara, lanjutnya, adalah Brimo Langkat, karena mampu mengalahkan Merah Putih dengan skor tipis 1-0. Posisi ketiga She Moves. Medan Utara dan Buana Putra sebagai juara harapan satu dan dua. Sedangkan pemain terbaik jatuh kepada Ayu (kiper) dari Brimo Langkat. (ayu)