Tinjau JIS Bersama Ketum PSSI, Menteri PUPR: Rumput Tak Sesuai Standar FIFA

Tinjau JIS Bersama Ketum PSSI, Menteri PUPR: Rumput Tak Sesuai Standar FIFA
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambangi Jakarta International Stadium. (Foto: PMJ News/Twitter @erickthohir)

JAKARTA | Bisanews.id |Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambangi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). Kedatangan mereka untuk meninjau langsung rencana renovasi di stadion tersebut.

Dilansir dari PMJNews, dalam peninjauan ke JIS, Basuki mengatakan salah satu yang akan diganti adalah rumput. Menurut dia, berdasarkan evaluasi ahli rumput stadion ini tidak memenuhi standar FIFA.

“Kita melihat JIS stadion yang sangat bagus. Namun, kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahli yang juga mengevaluasi 22 (stadion), termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, setidaknya dibutuhkan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk mengganti seluruh atau satu lapangan rumput JIS. Adapun waktu penggantian diperkirakan selesai sebelum gelaran Piala Dunia U-17 2023.

“Rumput butuh Rp6 miliar satu lapangan anggarannya dari PUPR. Kita akan ganti semua rumput tersebut,” ucapnya.

Di sisi lain Erick Thohir selaku Ketum PSSI menargetkan renovasi JIS rampung dalam tiga bulan. Dia menyebut nantinya JIS akan diusulkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17.

Selain rumput stadion, Erick menyampaikan masih banyak hal yang perlu dievaluasi seperti akses keluar masuk penonton. Tujuannya agar Jakarta International Stadium bisa memenuhi Standar FIFA.

“Kita memperbaiki supaya ini bisa masuk standar FIFA. Itu pun masih dipertanyakan, apa sudah pasti atau tidak, belum tentu. Tapi kita upayakan sesuai pengalaman. Seperti itu tadi, kalau rumput yang existing jelas tidak akan diterima, makanya kita ganti,” terang Erick.

 

Baca Juga:  Jadikan Kota Medan Destinasi Wisata Di Setiap Perayaan Keagamaan Dan Kebudayaan
Writer: AyEditor: Ayub