TPID Batu Bara Sabet Penghargaan Terbaik I

Layar monitor acara HLM TPID di Hotel JW. Marriot Medan, Rabu (13/4/2022), menampilkan Kabupaten Batu Bara yang berhasil meraih Penghargaan Terbaik I. (Foto: Dok-Kominfobb/Bisanews.id).

MEDAN |Bisanews.id | Kabupaten Batu Bara berhasil menyabet penghargaan sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik I Semester II Tahun 2021. Sementara TPID Terbaik II diraih Kabupaten Simalungun, dan TPID Terbaik III adalah Kota Tanjung Balai.

 

Penghargaan diperoleh dalam acara High Level Meeting (HLM) TPID Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, yang dilaksanakan di Hotel JW Marriot Medan, Rabu (13/4/2022).

 

Dinas Kominfo Batu Bara dalam keterangan persnya menyebut HLM TPID dihadiri kepala daerah dan perwakilan TPID 8 kabupaten/kota Sisi Batas Labuhan (Siantar, Simalungun, Batu Bara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, dan Labuhan Batu Selatan).

 

Dikatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi pengendalian inflasi daerah Sisi Batas Labuhan.

 

Dalam acara itu terungkap, dampak inflasi yang tinggi dapat menurunkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Turunnya daya beli akan berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan, menghambat investasi, dan menurunkan daya saing daerah. Oleh karena itu inflasi perlu terus dijaga pada level rendah dan stabil, sesuai kisaran yang ditetapkan secara nasional pada 2022, yaitu 3 -1 persen.

 

Saat Ramadan dan jelang Idul Fitri terjadi peningkatan laju inflasi di Pematang Siantar, yang sebagian besar disumbang kelompok bahan makanan, jasa makanan dan minuman, perlengkapan rumah tangga, perumahan, dan bahan bakar rumah tangga.

 

Secara internal dan eksternal, potensi resiko tekanan inflasi dipengaruhi pelonggaran aktifitas masyarakat seiring pandemi Covid-19, peningkatan daya beli, budaya konsumtif, dan dinamika implementasi kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan stok di pasar, kondisi geopolitik, kenaikan harga pangan/komoditas dunia, kelangkaan container, dan kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Fed) yang dapat melemahkan nilai tukar rupiah.

Baca Juga:  Polsek Medan Timur Gelar Vaksin untuk Pelajar

 

Dalam rangka pengendalian inflasi, TPID diarahkan untuk dapat menjalankan Roadmap TPID 2022 – 2024 dengan menggunakan strategi 4K. Koordinasi dititik beratkan pada langkah-langkah bersifat antisipatif dan mengacu pada pedoman 4K yakni, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektiff.

Related posts

Program Desa Binaan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat Bantuan Sembako