Wali Kota Medan Dan Perangkat Daerah Patungan Bantu Pembangunan Menara Masjid

Wali Kota Medan Dan Perangkat Daerah Patungan Bantu Pembangunan Menara Masjid
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyerahkan bantuan untuk pembangunan menara masjid kepada BKM Nurul Huda, Jumat (1/9/2023), di Jalan Garuda, Sei Sikambing B. (Foto : Pemko Medan).

MEDAN | Bisanews.id | Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama pimpinan perangkat daerah patungan memberikan sumbangan sebesar Rp100 juta untuk pembangunan menara Masjid Nurul Huda, Jalan Garuda, Sei Sikambing B.

Sumbangan tersebut untuk menambah bantuan Pemko Medan yang bersumber dari APBD sebesar Rp60 juta. Rinciannya, Rp50 juta dari Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya Penaataan Ruang Kota, dan Rp10 juta dari Dinas Sosial.

Penyerahan bantuan dilakukan pada Safari Jumat Pemko Medan, di masjid yang berlokasi di Kecamatan Medan Sunggal itu, Jumat (1/9/2023).

Aksi kumpul-kumpul bantuan tersebut digagas Bobby setelah mendengar pemaparan dari Ketua Harian BKM Nurul Huda, H. Boimin, tentang proses pembangunan menara yang tengah berjalan.

Dalam acara yang digelar setelah Salat Jumat itu, H. Boimin mengemukakan, pembangunan menara masjid dimulai Januari 2023, dan berjalan secara bertahap sesuai kondisi keuangan. Sampai saat ini progress pembangunan sudah mencapai 25 persen.

Mengacu pada perencanaan, lanjutnya, menara masjid ini ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan, dengan biaya sebesar Rp370 juta.

“Kami berharap kunjungan Wali Kota Medan ini dapat mempercepat proses pembangunan menara,” katanya.

Menanggapi ini, Wali Kota berinsiatif mengumpulkan bantuan pribadi.

“Kami yang hadir pada Safari Jumat ini banyak. Target kami sebelum pulang memberikan bantuan pribadi sebesar Rp100 juta,” ungkap Bobby, disambut tepuk tangan jamaah.

Selain bantuan bersumber APBD dari Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya Penaataan Ruang Kota dan Dinas Sosial, Bobby juga menyerahkan sertifikat koperasi dan satu unit steling dari Dinas Koperasi UMKM Perindag, 1 set tenis meja dari Dinas Pemuda Olahraga, satu unit steling dari Dinas Ketahanan Pangan, rak dan buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Baca Juga:  Polisi Amankan Gudang Logistik KPU Dan Kantor Bawaslu Asahan

Bobby dalam sambutannya berharap agar masjid difungsikan sebagaimana di masa Rasulullah dahulu.

“Sebagai tempat ibadah itu wajib, lebih dari itu masjid juga mempunyai fungsi sosial, ekonomi, budaya bagi jamaahnya,” ungkapnya.

Menurut Bobby, harapan inilah yang mendorong dirinya dan Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman di awal-awal kepemimpinannya meluncurkan program Masjid Mandiri.

Pada kegiatan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu pihak BKM Nurul Huda memakaikan topi adat Aceh kepada Bobby.

Kegiatan itu ditutup dengan acara makan siang bersama Wali Kota, unsur Forkopimda, pimpinan perangkat daerah, khatib, jamaah, dan pengurus BKM Nurul Huda.

Writer: AyuEditor: Abdul Muis