Wali Kota Medan Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI

Wali Kota Medan Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI
Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menyerahkan bendera Merah Putih kepada petugas pengibar bendera pada Upacara HUT ke-78 RI, di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (17/8/2023). (Foto : Pemko Medan). 

MEDAN | Bisanews.id |Pemko Medan menggelar Upacara Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Lapangan Benteng, Kamis (17/8/2023). Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang mengenakan pakaian adat Nias bertindak sebagai inspektur upacara.

Meski suasana gerimis, tidak menyurutkan jalannya kegiatan yang bertema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’ itu.

Hadir Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Ketua DPRD Hasyim, unsur Forkopimda, Sekda Wiriya Alrahman, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, pimpinan perangkat daerah, dan sejumlah legiun veteran.

Usai upacara, Bobby mengatakan, dalam memaknai peringatan HUT Kemerdekaan RI kita harus tetap menjaga semangat para pejuang.

“Tugas kita hari ini mempertahankannya dengan karya-karya dan hal positif yang dapat membanggakan nama daerah kita dan negara Indonesia, baik di tingkat nasional maupun di tingkat global,” kata Bobby.

Dia menjelaskan, dirinya memakai pakaian adat Nias, karena Medan merupakan kota yang multikultural, dan suku Nias termasuk salah satu warga di Medan.

“Oleh karenanya, di hari ini kita kenakan baju dari adat Nias. Selain itu, banyak masyarakat Nias yang juga berkontribusi dalam pembangunan Kota Medan. Artinya, banyak warga Nias yang datang ke Kota Medan untuk menimba ilmu, semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi daerahnya dan Sumut, termasuk Kota Medan,” sebutnya.

Bobby menambahkan, Pemko Medan akan menindaklanjuti pengumuman yang disampaikan Presiden Jokowi tentang kenaikan gaji ASN.

“Akan kita selaraskan. Dengan kenaikkan gaji ASN, kita minta juga kinerja ASN di lingkungan Pemko Medan semakin meningkat,” kata Bobby.

Sementara itu, Gusmiadi, Ketua LVRI Kota Medan, berharap dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, generasi bangsa harus bekerja keras dan belajar seperti para pejuang.

Baca Juga:  Dihadiri Menkumham RI, Bupati Letakan Batu Pertama Penambahan Pembangunan Vihara Tertua di-Sergai

“Kalau kami dan para pendahulu berjuang pakai senjata dalam berperang. Untuk penerus bangsa harus belajar dan bekerja keras. Saya minta jangan lupakan semangat juang pendahulu,” ucapnya.

Menurut Gusmiadi, ada empat poin semangat juang para pahlawan. Pertama, percaya pada kekuatan diri sendiri, karena pejuang dulu merebut kemerdekaan tanpa ada bantuan dari negara lain. Kedua, pantang menyerah, seperti para pejuang yang berkorban berdarah-darah melawan penjajah.

“Yang ketiga rela berkorban, semua jiwa raga dan harta benda dikorbankan untuk merebut kemerdekaan. Dan yang keempat lebih utamakan selalu kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan. Ini yang harus diingat oleh para generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Bobby memberikan bingkisan secara simbolis kepada para legiun veteran, menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan mobil Damkar.

Writer: Ayu