2 Hari Berturut-Turut Si Jago Merah Ngamuk Di Batubara, Ini Tips Antisipasinya

2 Hari Berturut-Turut Si Jago Merah Ngamuk Di Batubara, Ini Tips Antisipasinya

BISANEWS.ID  | BATUBARA | Pada awal pekan ini setidaknya telah terjadi dua hari berturut-turut peristiwa kebakaran di Kabupaten Batu Bara.

Pertama, Selasa (23/11/2021) sebuah rumah di Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, luluh lantak diamuk si jago merah. Besoknya, Rabu (24/11/2021), dua unit rumah semi permanen di Desa Lalang, Tanjung Tiram, rata dengan tanah dilahap api.

Berkat kesigapan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Batu Bara dibantu masyarakat setempat kobaran api pun berhasil dijinakkan. Untungnya dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Tips Damkar

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan mengurangi resiko jika terjadi amukan si jago merah, Kabid Damkar Batu Bara H. Sihombing memberikan tips untuk masyarakat.

Sihombing yang diwawancarai melalui telepon seluler Rabu (24/11/2021) sore menghimbau masyarakat Batu Bara agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran.

Menurut dia ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah amukan si jago merah.

“Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran, saya sarankan kepada masyarakat, pelaku-pelaku usaha, pemilik toko, jika mau berpergian agar mengecek kondisi rumah atau tokonya”, kata Sihombing.

“Misalnya, apakah kompor masih menyala agar dipadamkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya ledakan. Kemudian mencabut colokan listrik untuk mengurangi resiko kemungkinan korsleting listrik”, ujarnya mengingatkan.

Dia juga menghimbau pelaku usaha, pemilik toko, dan masyarakat agar menyediakan alat pemadam api ringan (alper) di rumah atau toko masing-masing.

“Karena kita tidak tahu kapan akan terjadi kebakaran, makanya kita siapkan alper. Jika api masih kecil bisa dipadamkan dengan alper saja”, jelasnya.

Sihombing mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan segera melakukan tindakan saat mengetahui ada kebakaran.

“Bila terjadi kebakaran segera melakukan evakuasi dan pertolongan untuk memadamkan api. Jangan lupa segera menghubungi pihak pemadam kebakaran”, pungkasnya.

Baca Juga:  141 Siswa SMA Mitra Inalum Try Out UTBK 2022

2 Hari Berturut-Turut Si Jago Merah Ngamuk Di Batubara

Related posts