2022 Insentif Kader KB Dibayar Penuh

Foto : Bupati Batu Bara Ir. Zahir, MAP menyampaikan arahannya di hadapan kader KB Batu Bara.(Bisanews.id/Ist).

BISANEWS.ID I BATU BARA I |

Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir, M.AP menegaskan insentif para kader KB (Keluarga Berencana) akan dibayar penuh pada tahun 2022 mendatang. Karena itu dia menekankan agar kader KB dapat bekerja secara maksimal, sehingga apa yang diharapkan dapat berjalan dengan baik, khususnya pada program KB.

“Sebab tugas kedepannya semakin berat sejalan dengan dibentuknya Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebanyak 296 kelompok yang dianggarkan APBN,” kata Zahir dalam arahannya pada acara Temu Kader KB yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Lima Puluh, Selasa (30/11/2021).

Menurut dia, pembentukan TPK  di tiap kelompok melibatkan bidan desa, kader KB dan PKK. Tugasnya tidak hanya sekedar melaporkan data kelahiran maupun yang menikah dan ibu hamil. Namun lebih dari itu, yakni membina masyarakat menjadi sehat dan sejahtera, sehingga tidak terjadi kenaikan angka stunting terhadap anak di Batu Bara.

Pemkab Batu Bara, lanjutnya, juga akan melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja para kader KB pada tiga bulan pertama di tiap kecamatan. Bagi yang berhasil meraih juara akan mendapatkan hadiah sepeda motor.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mempertanyakan kenapa selama ini pihak desa tidak menganggarkan insentif untuk kader KB. Padahal kerja kader KB sangat bersentuhan dengan desa.

Sebelumnya Kadis PPKB dan P3A Batu b6ara H. Budianto, S.Sos mengenalkan para kader KB di tiap kecamatan, terdiri dari kader inti sebanyak151 orang, dan 1.167 sub koordinator,  ditambah dibentuknya TPK sebanyak 296 kelompok. Tiap-tiap kelompok personilnya 3 orang, yakni bidan desa, kader KB, dan PKK.

Baca Juga:  Pelatihan UP2K Tingkatkan Ekonomi Keluarga Batubara

Related posts