7 Fakta Tentang Joseph Suryadi Tersangka Penghina Nabi Muhammad

7 Fakta Tentang Joseph Suryadi Tersangka Penghina Nabi Muhammad
Joseph Suryadi, tersangka penghina Nabi Muhammad SAW. (Foto: Dok. - Detiknews.com / Bisanews.id).

JAKARTA I Bisanews.id I Setelah ramai tagar #TangkapJosephSuryadi, Polda Metro Jaya menetapkan Joseph Suryadi sebagai tersangka kasus penodaan agama. Pasalnya, Joseph Suryadi diduga telah melakukan penistaan agama dengan menghina Nabi Muhammad SAW.

Kasus ini mengemuka setelah tangkapan layar berupa chat di grup WhatsApp tersebar di media sosial. Chat tersebut berupa karikatur dengan tulisan menghina Nabi Muhammad SAW.

Berikut fakta-fakta tentang Joseph Suryadi seperti diberitakan Detiknews.com edisi Kamis 16 Desember 2021.

1. Tersangka

Setelah rangkaian pemeriksaan, polisi menetapkan Joseph Suryadi sebagai tersangka kasus penodaan agama. Joseph Suryadi terancam hukuman 6 tahun penjara.

“Siang ini penyidik Krimsus telah menetapkan tersangka (kepada) yang melakukan postingan tersebut, atas nama Joseph Suryadi, umur 39 tahun,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Atas perbuatannya itu, Joseph dijerat Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan/atau Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan/atau Pasal 156 KUHP dan Pasal 156 A KUHP. Dia terancam hukuman 6 tahun penjara.

2. Bohong Soal HP Hilang

Joseph sebelumnya sempat melapor ke polisi dan mengaku ponselnya hilang setelah ramai tagar #TangkapJosephSuryadi. Joseph rupanya bohong. “Iya (bohong). Iya alibi iya. Itu kan cara dia untuk ini (menghindari jeratan hukum),” ujar Zulpan.

Untuk diketahui, Joseph menjadi buruan para netizen setelah postingan tangkapan layar percakapan WhatsApp bernada SARA tersebar di media sosial. Netizen mendesak Polri menangkap Joseph dengan meramaikan tagar #TangkapJosephSuryadi.

Nomor ponsel yang menyebarkan postingan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW itu disebut-sebut milik Joseph.

Setelah ramai tagar tersebut, Joseph diam-diam membuat laporan di Polda Metro Jaya dan mengaku ponselnya telah hilang.

Baca Juga:  22 Kg Sabu Direbus dan 1106 Ekstasi di Blender Polres Tanjung Balai

3. Ngaku Sebarkan Chat

Joseph sempat berbohong dan beralasan ponselnya hilang setelah ramai seruan tangkap Joseph Suryadi. Namun akhirnya Joseph mengaku telah mengirim chat berisi penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

“Yang jelas, pembuktian sudah masuk unsurnya itu barang (handphone) miliknya dan dia mengakui,” ujar Zulpan.

4. Jejak Digital

Meski Joseph sempat membuat laporan polisi dan mengaku ponselnya telah hilang setelah ramai tagar #TangkapJosephSuryadi, polisi menemukan jejak digital penghinaan Nabi Muhammad SAW yang diduga dilakukan tersangka Joseph.

“Terkait HP ada pengakuan yang bersangkutan HP hilang, tapi hasil pemeriksaan rekam jejak digital di HP milik tersangka memang terdapat kalimat-kalimat seperti yang dilaporkan pelapor, yakni menistakan agama tertentu,” terang Zulpan.

5. Bukti Screenshot Chat

Polisi menyita sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut, salah satunya tangkapan layar percakapan di WhatsApp tersangka Joseph yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW.

“Barang bukti yang telah diamankan dan disita penyidik adalah satu bendel screenshot pembicaraan di medsos yang dianggap menistakan agama. Satu buah flash disk dan satu handphone,” kata Zulpan.

6. Motif

Joseph saat ini masih diperiksa polisi. Polisi masih mendalami motif Joseph menyebar chat hina Nabi. “Penyidik sedang dalami dulu (motifnya),” jelas Zulpan.

7. Ditahan Polisi
Polisi telah menetapkan Joseph sebagai tersangka kasus penistaan agama. Joseph ditahan di Polda Metro Jaya.

“Yang bersangkutan sudah ditahan di Polda Metro Jaya dan kasus ini akan lanjut ke tahap selanjutnya,” kata Zulpan.

Zulpan mengatakan pihaknya telah memiliki minimal dua alat bukti untuk menetapkan Joseph sebagai tersangka. Polisi menyita sejumlah barang bukti terkait kasus itu.

“Beberapa barang bukti yang saya sampaikan telah diamankan dan disita, yakni satu bundel screenshot pembicaraan di medsos yang dianggap menistakan agama, satu buah flash disk, dan satu handphone,” tambahnya.

Baca Juga:  Viral, Petani Melon jadi Agrowisata Bisnis di Batu Bara

Atas perbuatannya Joseph dijerat dengan Pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) dan/atau Pasal 28 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (2) UU No 16 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 156 KUHP dan/atau 156a KUHP.

Related posts