9 Rumah Ludes Terbakar, Tapi 2 Buah Al-Qur’an Tak Tersentuh Api

9 Rumah Ludes Terbakar, Tapi 2 Buah Al-Qur’an Tak Tersentuh Api
Syahril (27) memegang dua buah Al Qur'an yang ditemukan di serpihan kebakaran.(Foto : Bisanews.id dari Video)

BATUBARA l Bisanews.id I Kebakaran hebat melanda dipermukiman padat penduduk, Kamis (3/2/22) sekira pukul 16.15 Wib, Jln Mereka Gang Langgar, samping Klinik Bambang Dusun 1 Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Total 14 unit rumah yang terkena imbasnya, 9 unit bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu habis terbakar dan 5 unit rusak parah.
Musibah itu membuat warga kehilangan tempat tinggalnya.

Allah SWT memperlihatkan kuasa-Nya lewat berbagai cara, di tengah kobaran api yang menghanguskan 9 unit rumah terbuat dari kayu ludes terbakar dan rata dengan tanah, ada 2 buat Al-Qur’an yang tetap utuh.

Secara logika, api melalap apa saja yang ada di sekitarnya. Terlebih jika peristiwa tersebut tergolong kebakaran hebat. Seperti yang kita yakini, kuasa Allah SWT tidak terbatas.

Warga yang tertimpa musibah pun harus mengungsi menumpang rumah tetangga dan tenda darurat.
Namun ada yang menarik dan tentu saja mengagetkan warga sekitar.

“MasyaAllah, Al-Qur’an ini kami temukan. Alhamdulillah tidak terbakar, masih utuh semua, ini muzizat Allah,”ungkap Syahril (27) saat memegang dua Al Qur’an yang masih utuh di puing sisa bangunan terbakar, dikutip Bisanews.id dari akun Facebook @ Pedang Kekasih, Jum’at (4/2/22).

Syahril diketauhi merupakan warga Dusun ll Gang Langgar, yang ikut membantu warga lain untuk memadamkan api. Namun setelah api mati, ia bersama warga berjalan meliat puing rumah yang terbakar.

“Alhamdulillah, kuasa Allah SWT. Atas pertolongan Allah, hanya kitab suci ini yang tidak terbakar, lainnya semua terbakar,”ujarnya dalam video tersebut.

Di saat semua bangunan dan isinya habis terbakar, Kitab Suci Al-Qur’an ditemukan masih dalam keadaan utuh. Peristiwa yang tidak biasa itu membuat gempar warga yang menyaksikan.

Baca Juga:  Bupati Zahir Instruksikan Personel Damkar Tetap Siap Siaga

Alhamdulillah ya Allah, kuasa Allah SWT Ayat -ayat suci Al Qur’an, tidak kena terbakar ya, Alhamdulillah, 9 rumah ludes. Hanya Al Qur’an yang tidak, kuasa Allah,”katanya sembari membuka lebaran dua buah Al Qur’an yang tidak terbakar.

Pemilik akun Facebook@ Pedang Kekasih, juga menuliskan:

Viral……

Al’Quran tidak terbakar.

Ya allah begitu banyak nya rumah warga yg di telan si jago merah hanya AL’QURAN ini lah yang gak berani di telan si jago merah, karena kenapa,karena allah sudah menjaga ke sucian setiap isi AL’QURAN tersebut.

Ini lah tanda bukti kebesaran allah terhadap AL’QURAN ini maka dari itu ayo… sama-sama kita baca setiap isi AL’QURAN agar kita di jaga allah seperti mana allah menjaga isi AL’QURAN tersebut.

Sebelumnya, Kamis (3/2/22) sekira pukul 16.15 Wib, Menurut Pj Kades Suka Maju Irman Saputra menjelaskan, ia baru pulang dari kantor mendapatkan telepon dari warga, kalau ada kebakaran di Desa Suka Maju.

“Aku baru pulang dari kantor, sampai rumah, dikabari warga melalui telepon dan tak lama Kepala Dusun mengabari bahwa ada kebakaran,”kata Kades.

Atas informasi yang ia terima, kata Kades, ia langsung menelepon Camat.

“Pak Camat tadi langsung menelepon Damkar, sekira pukul 17.00 wib dan langsung ke lokasi untuk memadamkan api yang sudah membesar,”ujarnya.

Penyebab kebakaran terjadi kata Pj Kades, menurut keterangan ibu Kusmawati, api itu berasal dari rumah ibuk Rianti.

“Ada Keciuman bau-bau kebakaran kabel, seketika itu api menyambar degan cepat,”terangnya.

Lebih jauh dijelaskan Irman Saputra, total habis rata dengan tanah 9 unit rumah. sedangkan 5 rumah lagi rusak parah.

“Rata-rata rumah berdinding kayu. Sedang 2 unit semi permanen. Sementara barang berharga yang terbakar, masih terdata diketahui 2 kereta, TV, Kulkas, mesin cuci, itu total yang baru terdata,”jelasnya.

Baca Juga:  Pemberantasan Korupsi Harus Libatkan Pemangku Kepentingan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Batubara, Rahman Hadi, langsung turun kelokasi, dan mengerahkan anggota juga mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk memadamkan api.

“9 rumah total habis terbakar, dan tidak ada korban jiwa,”jawabnya.

Kabid Damkar Sat Pol PP Batubara, Hardiman Sihombing S.STP menerangkan, kejadian pukul 16.00 kurang lebih dan api dipadamkan selama 3 jam.

Sebanyak 4 unit mobil damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api dibantu warga. Dari Pos Tanjung Tiram, Pos Talawi, Pos Lima Puluh dan Pos Air Putih.

“Karena bangunan rumah warga sebagian besar terbuat dari kayu, menyebabkan sijago merah begitu cepat membesar,”ungkapnya.

HUT RI 77_bisanewsid