Bobby Nasution Fokus Membangun Wilayah Utara Wujudkan Pembangunan Merata

Bobby Nasution Fokus Membangun Wilayah Utara Wujudkan Pembangunan Merata
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau kondisi rumah warga di Belawan. (BN/Foto : Ist)

Medan Bisanews.id  I Pembenahan wilayah Medan bagian Utara menjadi fokus perhatian Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai upaya penerapan pemerataan pembangunan di Kota Medan.

Bobby melihat selama ini pembangunan terpusat di inti kota dan seolah kawasan Medan Utara terdiri 4 kecamatan yakni Kecamatan Medan Deli,  Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Belawan terkesan terabaikan. Atas dasar itu, Bobby Nasution ingin pembangunan dilakukan merata di Kota Medan.

Hal ini ditegaskan Bobby saat Rakor Lintas Pembahasan Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) bersama Dirjen Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI di Jakarta, Kamis lalu (21/10/2021).

Bobby menyatakan komitmennya pembangunan dilakukan secara merata hingga ke pinggiran kota termasuk kawasan Medan bagian Utara memiliki potensi dan peran penting terhadap kemajuan Kota Medan. Selain itu juga sebagai wujud tanggungjawab sehingga kehadiran pemerintah juga dirasakan secara merata oleh seluruh masyarakat.

“Salah satu menjadi isu strategis penataan ruang Kota Medan yaitu perkembangan dan pembangunan kota selama ini cenderung memusat di inti kota. Karenanya, perlu dilakukan pemerataan pembangunankhusus di kawasan Medan bagian Utara,” kata Bobby.

Kawasan Utara Kota Medan ditetapkan sebagai pusat kota di bagian utara dengan fungsi sebagai pusat kegiatan dan perdagangan regional.  Selain itu, sebagai  pusat pelayanan transportasi, pusat kegiatan sosial budaya serta pusat kegiatan industri sekaligus pusat pertahanan keamanan.

“Sebagian besar arah pengalokasian kawasan lindung berada di Medan bagian Utara. Hal ini tentu memerlukan penyesuaian pada rencana pembangunannya, mengingat Medan bagian Utara mempunyai potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya sebagai water front city (kota tepi laut),” ujar pria jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu .
Pembenahan wilayah Medan bagian Utara sebagai upaya Bobby mewujudkam pembangunan merata di Kota Medan mendapat apresiasi dari dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Dr Fakhrur Rozi MIKom.

Baca Juga:  Akademisi Ilmu Pemerintahan Apresiasi Peluncuran Buku Putih Pemerintahan Indonesia

Medan bagian Utara beberapa tahun terakhir menjadi isu strategis dalam pembangunan Kota Medan. Bobby memang diharapkan dapat menyelesaikan banyak hal terkait isu tersebut.

“Akses Bobby ke pemerintah pusat adalah salah satu keuntungan bagi Kota Medan untuk mendorong berbagai percepatan pembangunan termasuk wilayah Medan bagian Utara.Tentu apresiasi harus diberikan ke Bobby jika berbagai program untuk penyelesaian masalah pembangunan di Medan bagian Utara bisa terselesaikan,” sebut Rozi.

Memang, water front city di Medan bagian Utara merupakan isu yang dinantikan realisasinya oleh masyarakat Kota Medan. “Water front city menjadi salah satu solusi pengembangan kawasan Medan bagian Utara secara ekonomi dan sosial,” ujarnya.

Sebagai warga Medan, Rozi berharap Bobby terus memaksimalkan komunikasi ke pemerintah pusat.  Dengan kemampuan komunikasi cukup baik selama ini, Rozi optimis Bobby dapat menyelesaikan berbagai kendala terutama soal koordinasi dan anggaran.

 

(BN/KM)