BPPRD Batubara Terus Berupaya Tingkatkan PAD

teks foto, Suasana rapat BPPRD Batubara dalam upaya peningkatan PAD.(Bisanews.id/Net).

BISANEWS.IDBATUBARA | Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Batubara Rijali mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah, di kantor BPPRD Batubara pada Rabu (17/11/2021) lalu.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kewenangan ini diberikan untuk memperkuat esensi dan posisi otonomi dalam menopang kapasitas fiskal daerah”, kata Rijali kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/11/2021).

Salah satu kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, lanjutnya, yaitu memungut pajak dan retribusi daerah sebagai salah satu sumber pendanaan di daerah.

“Oleh sebab itu perlu kami lakukan rapat koordinasi peningkatan kinerja atas pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk meningkatkan kemandirian fiskal bersama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pendapatan yang dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sektretariat Daerah”, terangnya.

Menurut Rijali, hal penting yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain peningkatan regulasi di bidang pengelolaan pajak daerah, sumber daya manusia, sarana pengelolaan, sistem yang terintegrasi antar OPD, penguatan kelembagaan melalui peningkatan tugas pokok dan fungsi OPD, serta dukungan sistem digital yang memadai.

“Upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan PAD, sehingga ketergantungan daerah akan dana dari pemerintah pusat dapat berkurang. Inovasi yang dilakukan oleh daerah dalam upaya peningkatan pendapatan daerah akan menjadi salah satu kunci keberhasilan. Optimalisasi potensi yang ada di daerah diperlukan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batubara “, tuturnya.

Baca Juga:  Personel Lantas Asahan Gendong Disabilitas Ikut Vaksin

Related posts