Bupati Batu Bara Serahkan Bantuan Perahu dan Alat Tangkap Kepada Nelayan

Bupati Batu Bara Serahkan Bantuan Perahu dan Alat Tangkap Kepada Nelayan
Bupati Batu Bara, Zahir saat menyerahkan bantuan kepada nelayan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara. (Foto : Dok/Humas Pemkan Batu Bara/Bisanews.id).

BATU BARA I Bisanews.id Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan, menyalurkan bantuan kepada pelaku kegiatan perikanan tangkap, pelaku perikanan budidaya, pelaku pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan.

Bantuan diserahkan secara langsung kepada sejumlah nelayan oleh Bupati Batu Bara di halaman Kantor Dinas Perikanan, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Jumat (17/12/2021).

Zahir mengatakan, selama ini banyak keluhan dari masyarakat, terutama kelompok yang tidak memiliki sampan dan mesin. Selain itu tidak memiliki alat tangkap dan tidak memiliki tempat penyimpanan ikan.

“Hari ini kita serahkan bantuan kepada nelayan. Mudah – mudahan masyarakat atau kelompok dapat terbantu dalam bidang usaha. Secara global, ekonomi semangkin meningkat,” kata Zahir.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara, Antoni Ritonga menjelaskan, bantuan yang diberikan terdiri dari 30 unit perahu lengkap dengan alat tangkap berupa rajungan. Bantuan diberikan kepada sejumlah nelayan ditiga kecamatan. Yakni ; 10 unit untuk Kecamatan Sei Suka, 10 unit Kecamatan Talawi dan 10 unit untuk Kcamatan Tanjung Tiram.

Sedangkan jenis bantuan lainnya diberikan kepada 6 kecamatan. Adapun bantuan berupa ; mesin diesel penggerak utama , JPS fortebel, alat tangkap jaring udang siap pakai 74 utas. Tak hanya itu, bantuan bibit dan pakan ikan, bibit ikan hias, mesin pencetak pakan dan budidaya ikan dalam ember serta budidaya udang dalam terpal, diberikan kepada seluruh kecamatan se-Kabupaten Batu Bara.

“Kita berharap dengan bantuan ini, sektor usaha perikanan dapat menjadi motor penggerak ekonomi perikanan khususnya masyarakat pesisir, sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan dan daya beli semangkin meningkat,” ujar Antoni.

Baca Juga:  Deretan Pesepak bola Asing Masuk Islam Saat Memperkuat Indonesia

Related posts