Deli Serdang Juara Umum Pospedasu ke VIII 2021

Deli Serdang Juara Umum Pospedasu ke VIII 2021
Kadisporasu, Ir H Ardan Noor MM saat mengalungkan medali pada acara penutupan Ponpes 2921, di Aula Pondok Pesantren Darularafah Raya, Kamis (23/12/2921) sore. (Foto : Disporasu/Bisanews.id)

KATALIMBARU I Bisanews.id I Kabupaten Deli Serdang tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah Sumatera Utara (Pospedasu) ke VIII/2021.

Kontingen Deli Serdang total mengumpulkan 41 medali, masing-masing 19 medali emas, 14 perak, dan 8 perunggu. Deli Serdang mampu mendominasi raihan medali di cabor pencak silat dengan 12 emas, 4 perak, 3 perunggu serta atletik dengan 4 emas, 5 perak, 4 perunggu.

Pospedasu resmi ditutup Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi diwakili Kadispora Sumut Ir H Ardan Noor MM, Kamis (23/12/21) di Aula Pondok Pesantren Darularafah Raya, Sumatera Utara.

Amanat tertulis Gubsu dibacakan Ardan Noor, berharap ajang Pospedasu tidak sekadar peningkatan prestasi bagi para santri di bidang olahraga, tapi juga mempererat tali silaturahmi antar peserta lomba yang berasal dari sejumlah kabupaten/ kota.

“Melalui event ini saya harapkan bisa lebih mempererat silarurahmi antar santri pondok pesantren yang ada di kabupaten/kota. Kemudian meningkatkan pencapaian prestasi di bidang olahraga dan seni. Melalui pembinaan atlet pelajar ini, akan muncul atlet nasional, terutama untuk mewakili Sumut menuju Pospenas di Makassar pada tahun 2022. Ini juga bagian pembinaan jangka panjang menuju level nasional, regional, hingga ajang internasional,”ujar Gubsu.

Ketua Panitia Kerja Tetap Daerah (Panjatabda) Sumut, Yulizar Parlagutan Lubis, atas nama pengurus Panjatabda dan Badan Silaturahim Pondok Pesantren Sumut, menyampaikan penghargaan setinggi-tinginya kepada Pemprovsu yang begitu peduli terhadap event tersebut.

Sejak Pospedasu pertama hingga kini, telah menunjukkan tanggung jawab, khususnya pembinaan olahraga dan seni para santri.

“Meskipun terkadang terseok – seok, tapi event ini bisa terselenggara delapan kali tanpa ada terkendala. Bahkan selama event berlangsung belum ada protes dari kontingen. Ke depan kami berharap Pemprovsu lebih peduli terhadap event ini,”pintanya.

Baca Juga:  Kodam I/ BB : Kericuhan Di Sei Tuan Deli Serdang Karena Kesalahpahaman

Yulizar berharap pada tahun 2023, semua kabupaten/ kota di Sumut bisa menyelenggarakan Pospeda guna mewujudkan pola pelaksanaan event yang terarah. Seluruh walikota dan bupati juga di ingatkan untuk bisa melaksanakan Pospeda di daerah mulai 2023.

“Saya berharap tahun 2023 semua kabupaten/ kota bisa melaksanakan di tingkat daerah. Kalau tidak ada perhatian dari kepala daerah, maka akan kita sampaikan ke gubernur serta pemerintah pusat bagaimana tindaklanjutnya. Karena event ini bukan tanggungjawab pondok pesantren, melainkan tanggung jawab 5 kementerian,”terangnya.

Sementara, Ketua Panitia Hj Dahliana berterima kasih atas partisipasi santri dari kabupaten/ kota yang turut menyukseskan Pospedasu tahun ini. Dahliana berharap para atlet yang tampil sebagai juara di tiap nomor lomba untuk bisa meningkatkan kemampuannya sebelum tampil di Pospenas 2022.

Runner up Pospedasu 2021 diraih kontingen Tanjung Balai dengan 6 emas, 6 perak dan 6 perunggu.

Posisi ketiga Kota Medan dengan 6 emas, 2 perak, 6 perunggu.

Kemudian, posisi keempat Kabupaten Langkat dengan 5 emas, 10 perak, dan 5 perunggu. Posisi lima Asahan dengan raihan 3 emas, 6 perak, dan 3 perunggu.

Untuk peringkat keenam Serdang Bedagai dengan 3 emas, 2 perak. Posisi tujuh Paluta dengan 2 emas, 7 perak, 5 perunggu. Padang Lawas meraih 2 emas, 3 perak, dan 10 perunggu di peringkat delapan. Posisi kesembilan Padangsidempuan dengan 2 emas dan 5 perak. Serta Labusel posisi sepuluh besar raihan 2 emas dan 4 perak.

Yuk Bayar Pajak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.