Digelar Di Danau Toba, Prapat, ISBFE 2021 Diharapkan Mampu Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Digelar Di Danau Toba, Prapat, ISBFE 2021 Diharapkan Mampu Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia
Foto : Panitia Penyelenggara ISBFE saat diwawancarai wartawan baru-baru ini.(Bisanews.id/Istimewah).

BISANEWS.ID¬†| MEDAN | Pertemuan Bisnis dan Pameran Rempah Dunia, ‘Indonesian Spices Forum & Business Expo World (ISFBE)’ 2021 akan digelar di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara,10-12 Desember 2021.

Baru-baru ini panitia penyelenggara mengatakan kegiatan ini digagas Dewan Rempah Indonesia (DRI) bersama Kementerian Pertanian dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

“Selain itu juga mendapat dukungan penuh dari Kadin pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi”, katanya seraya menambahkan, Kadin Sumut ditunjuk sebagai tuan rumah ISBFE 2021.

Melalui ISBFE 2021 diharapkan Indonesia dapat mengembalikan kejayaan rempah serta aktif membumbui dunia dengan meningkatkan perniagaan rempah ke seluruh penjuru dunia. Karena itulah SBFE 2021 akan mengusung tema ” Rebut Kembali Kejayaan Rempah Indonesia.”

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, penyelenggara mempertemukan para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar-benar kongkrit dan terukur. Sasarannya adalah meningkatkan ekonomi nasional melalui perniagaan rempah, baik di Indonesia maupun manca negara.

“ISBFE 2021 akan dibuka oleh PresidenJoko Widodo dan berlangsung secara offline dari kawasan Danau Toba, serta online melalui platform virtual event untuk memaksimalkan keikutsertaan publik dan dunia Internasional”, jelasnya.

“Penyelenggaraan ISBFE 2021 merupakan pengejawantahan amanat Presiden Jokowi pada tahun 2017 kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia”, imbuhnya.

Menurut dia ISBFE 2021 akan diikuti seluruh komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari manca negara, terutama para importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia, seperti Singapura, Uni Emirat Arab, India, Maroko, Algeria, Tunisia, USA, Belanda, Brazil, Jerman, Belgia dan negara lainnya.

Baca Juga:  SDN 066052 dan Puskesmas Bromo Gelar Vaksin

“Selama ISBFE 2021 berlangsung akan diselenggarakan berbagai kegiatan seperti Seminar Internasional “Mengembalikan Kejayaan Rempah” dan Seminar Nasional Jamu Tradisional. Juga ada Pemilihan Duta Penerus Rempah Indonesia 2021, pameran rempah nusantara, kuliner rempah nusantara, temu pengusaha rempah Indonesia, serta B2B Forum yang mempertemukan buyer dan seller”, tuturnya.

Adapun peserta ISBFE 2021, lanjutnya, adalah kementerian dan lembaga terkait, perwakilan pemerintah daerah seluruh Indonesia, dinas-dinas terkait , asosiasi dan perhimpunan terkait, produsen bumbu-bumbu dan rempah asli, bumbu olahan pabrik, bumbu olahan rumah UMKM, bumbu masakan siap saji, industri jamu nasional, industri kosmetik, industri makanan, industri farmasi, perusahaan dan asosiasi eksportir Indonesia, Bulog, kedutaan negara sahabat, BPOM, jurusan tata boga lembaga-lembaga pendidikan, retailer besar, supermarket, lembaga riset pertanian, juru masak pengolah makanan dan lain-lain.

Kegiatan ISBFE 2021 juga akan menetapkan protokol kesehatan yang ketat. Para pengunjung wajib mematuhi standar prokes, yaitu menunjukkan Barcode Peduli Lindungi bagi yang sudah divaksin, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan vaksinasi. Bagi yang belum divaksin panitia menyediakan vaksin 1 dan 2.

(Digelar Di Danau Toba, Prapat, ISBFE 2021 Diharapkan Mampu Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia)

Related posts