DPRD RDP Dengan KPU Batubara

DPRD RDP Dengan KPU Batubara
Saat rapat dengar pendapat DPRD Batubara bersama KPU Batubara.(foto. Humas DPRD Batubara)

BATUBARA l Bisanews.id I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batubara menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Batubara, di aula DPRD Batubara, Jl Printis Kemerdekaan Lima Puluh, Kab Batubara, Senin lalu.

Kegiatan yang diikuti berbagai unsur diantaranya Disdukcapil Kabupaten Batubara, Badan Pusat statistik Kabupaten Batubara berlangsung dengan agenda Finalisasi Jumlah Pemilih Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan yang dibawakan oleh ketua Komisi I Azhar Amri berlangsung dengan berbapai pendapat di mana Ketua KPU Batubara M Amin Lubis menjelaskan bahwa pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 sampai saat ini, masi dibahas ditingkat DPR RI Komisi II, KPU dan Penyelenggara Pemilu lainnya untuk tanggl dan hari belum pasti dan secapatnya tentu akan diumumkan.

DPRD RDP Dengan KPU Batubara
Saat rapat anggota dprd bb bersama anggota kpud bb.(Foto : humas sekwanbb/bisanews.id).

Masi menurut KPU, terkait tentang penetapan Jumlah Pemilih KPU Kab Batubara belum masuk pada tahapan menentukan jumlah Pemilih, jelas Muksin Khalid dalam Rapat.

Sementara itu, Kadis Disdukcapil Kabupaten Batubara Maedah Sutopoh menyampaikan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Batubara Semester tahun 2021 berjumlah 422.448 jiwa.

Koordinator Teknis KPU Batubara Erwin S.Sos menyampaikan dengan adanya perubahan jumlah penduduk yang ada di Kab Batubara, akan berimplementasi dengan peningkatan alokasi kursi di DPRD Kab Batubara.

Sesuai amanat UU No 7 Tahun 2017 pasal 191 ayat (e) menjelaskan Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 400.000 jiwa sampai dengan 500.000 jiwa memperoleh alokasi kursi sebanyak 40.

Erwin, meski jumlah penduduk Batubara sudah 422.448 KPU tetap menunggu jadwal tahapan pelaksanaan pemilu, dan setiap tahapan semua stcholder khususnya peserta Pemilu akan di undang oleh KPU, dari sana nanti baru bisa terlihat, berapa sebenarnya jumlah alokasi kursi yang ada di Batubara. “Sesuai dengan jumlah pendudukan pada tahapan pemilu yang sesungguhnya. Untuk itu diminta kepada masyarakat agar bersabar, menunggu tahaoan yang sesunggunya,”jelasnya.

Baca Juga:  Dua Anggota DPRD Batu Bara PAW Ucapkan Sumpah Jabatan

Ketua Komisi I Azhar Amri berharap KPU agar dapat bekerja sebaik mungkin dan menggunakan data penduduk yang sudah berkembang dari disdukcapil, tentu DPRD Batubara bersama dengan Pemerintah akan selalu mendukung pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung pada tahun 2024.

DPRD RDP Dengan KPU Batubara
Saat rapat DPRD kab batu bara bersama KPU kab batubara.(Foto : Humas sekwanbb/bisanews.id).