FKDM Wadah Bagi Masyarakat Untuk Mewaspadai Berbagai Ancaman Dalam Kehidupan

FKDM Wadah Bagi Masyarakat Untuk Mewaspadai Berbagai Ancaman Dalam Kehidupan
Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, SE saat melantik pengurus FKDM tingkat kabupaten dan kecamatan se-Batu Bara. (Foto: Ambarita/Bisanews.id)

BATU BARA | Bisanews.id | Bupati Batu Bara Ir. Zahir, MAP diwakili Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, SE melantik Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kabupaten dan kecamatan, Kamis (17/3/2022), di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara.

Oky dalam sambutannya mengatakan FKDM adalah wadah bagi masyarakat untuk menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Sedangkan kewaspadaan dini adalah serangkaian upaya untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

“Dengan demikian FKDM merupakan media untuk memotivasi peran aktif masyarakat untuk ikut mewaspadai berbagai hal yang berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan masyarakat”, terang Oky.

Selain itu, lanjutnya, tugas FKDM juga untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum yang sudah diatur berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di daerah yang dimulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai tingkat desa.

“Peran FKDM di tengah masyarakat untuk memberikan informasi akurat terhadap kewaspadaan dini bencana yang terjadi di Kabupaten Batu Bara”, ujarnya.

Sementara Ketua FKDM Batu Bara Letda (Purn) TH. Sitanggang berharap pengurus yang dilantik dapat bekerja sesuai tupoksinya dan melaporkan kepada Kesbangpol Batu Bara segala hal yang berpotensi menjadi ancaman di masyarakat.

Hadir dalam acara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Batu Bara diwakili Kabid Kesatuan Bangsa Rina Sirait, SP, dan Camat se-Kabupaten Batu Bara.

Baca Juga:  Tiga Pengerjaan Hotmix Ditinjau Plt Walikota Tanjungbalai 

Related posts

Program Desa Binaan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat Bantuan Sembako