Gubsu: Anggarkan 400 Milyar Sudah Disiapkan Normalisasi Suangai Panjang 33 KM

Foto: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau langsung sungai di Sergai yang muluap menyerahkan banjir.(Bisanews.id)

Bisanews.idGubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan, begitu mendapat laporan terkait terjadinya bencana banjir tahunan di Kabupaten Serdang Bedagai lansung turun meninjau.

“Saya ajak kumpulkan semua jajaran langsung berangkat kesini untuk meninjau langsung kondisi warga terdampak banjir di sekitar Sungai Belutu, Kecamatan Seirampah, Kabupaten Sergai, yang kini terpaksa mengungsi ya,”ujarnya dihadapan para pengungsi korban banjir, Kamis (18/11/21).

Edy, info yang saya dapat dari warga, banjir ini setiap tahun terjadi dan kadang sulit diprediksi kapan datangnya. ”Ini sebenarnya bisa kita atasi apabila warga bersedia agar bangunan-bangunan yang berada sekitaran sungai Belutu ini dipindahkan, karena memang posisinya, tanggul di sungai ini harus ditinggikan lagi,”ungkapnya.

Selain Gubsu saat bertemu warga di tenda pengungsi juga hadir Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP.

“Jadi bersama saya juga hadir Bupati dan Wakil Bupati dan jajaran untuk mencari solusi atas masalah ini. Insya Allah, pemerintah sudah menganggarkan 400 Milyar untuk melakukan normalisasi sungai dari hulu ke hilir sepanjang 33 km,”terang Gubsu.

Dalam pertemuan Gubsu Edy berharap masyarakat bisa memahami beberapa konsekuensi yang harus dihadapi demi mengatasi masalah banjir, salah satunya yakni menertibkan bangunan-bangunan yang berada di pinggiran sungai. “Selain membahas masalah tersebut, saya bersama jajaran juga tadi membagikan paket bantuan sembako untuk meringankan beban saudara-saudara kita,”jelas Edy Rahmayadi.(Hb)

Baca Juga:  Kadin Batu Bara Ajak Warga Sukseskan Program Vaksinasi

Related posts