Hadapi Peparnas XVII 2024, Lima NPC Siap Sukseskan Musyorprovsu

Hadapi Peparnas XVII 2024, Lima NPC Siap Sukseskan Musyorprovsu
Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting memimpin rapat dengan lima pengurus kabupaten/kota membahas Musyorprov 20 Januari mendatang. (Foto : Dok. NPC Sumut / Bisanews.id).

Medan | Bisanews.id |Dalam waktu dekat National Pra Olympic Comite (NPC) Sumut akan mengadakan Musyawarah Provinsi (Musyorprov) NPC Sumut, direncanakan 20 Januari 2022.

Ketua Umum NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan Musyorprov bertujuan membahas semua program NPC, baik yang sudah berjalan maupun belum.

“Sebab dengan adanya pembahasan yang diikuti seluruh pengurus Kabupaten/Kota se-Sumut, dapat diketahui kelemahan yang harus diperbaiki dan ditambah.

“Ya terutama yang menjadi pokok pemikiran nantinya adalah rangking perolehan medali NPC Sumut menuju Peparnas Sumut-Aceh 2024 XVII mendatang dan program lainnya,” kata Alan di ruang kerjanya, Sabtu (18/12/2021).

Dikatakannya, walaupun Peparnas Sumut-Aceh masih tiga tahun lagi, namun dari sekarang sudah harus dibangun semua program kerja, sehingga kedepannya tinggal dikerjakan saja.

“Makanya Musyorprov bakal dilaksanakan 20 Januari 2022 mendatang didukung 5 NPC Kabupaten/Kota seperti, Medan, Tebing Tinggi, Sergai, Langkat, dan Asahan. Apalagi musyawarah sangatlah penting dalam sebuah organisasi,” ucapnya.

Menurut Alan, jadwal latihan atlet NPC di Kabupaten/Kota sudah dimulai. Sebab pemikiran jangka panjang harus dicanangkan jauh-jauh hari, mengingat Sumut dan Aceh bakal menjadi tuan rumah.

“Kita harus siap guna memperbaiki peringkat dari lima besar menjadi posisi teratas di ajang nasional. Memang kita tau ada beberapa provinsi yang kuat, tapi itu bukan jaminan, NPC Sumut juga telah menyiapkan para atlet lewat proyek jangka panjang dan regenerasi, seperti lapis 2 dan 3 selain utama,” ujarnya serius.

Kata dia, persiapan latihan yang dilaksanakan di setiap kabupaten/kota di Sumut, nantinya akan dimonitor. Apa lagi dalam waktu dekat ada event Seleksi Nasional (Seleknas) yang diselengarakan NPC Indonesia.

Apalagi Seleknas merupakan ajang penambah semangat para atlet NPC dengan ikutnya atlet NPC Sumut. Sebab dari hasil itu tak lain, akan dipersiapkan menghadapi Asian Paragames di Huangzhu China.

Baca Juga:  Putri Batu Bara dan Medan Wakil Sumut Ajang Miss Global International Kids and Teens

Sebab banyak kejutan yang terjadi di Peparnas Papua tahun ini. Makanya, evaluasi dari hasil Peparnas akan dilakukan secara menyeluruh. Terutama bagi atlet yang lepas dari target.

“Tetapi saya bangga, banyak atlet muda kita yang mampu memberikan kejutan dengan memecahkan rekor nasional dan Asean Para Games,” ungkapnya lagi.

Adapun prestasi membanggakan telah diukir sejumlah atlet Sumut di Peparnas itu antara lain, Nina Gusmita sukses menyabet 3 emas sekaligus memecahkan rekor nasional. Kemudian atlet tolak peluru, Reza juga sukses menyabet dua emas dan satu perak sekaligus memecahkan rekor Asean Para Games.

“Untuk itu saya berharap pada semua atlet agar melakukan latihan serius agar saat mengikuti Seleknas bisa lolos guna menuju Asian Paragames di Hangzhu China tahun depan,” ucap Alan serius.

Pada Peparnas tahun ini, cabor atletik menjadi penyumbang medali terbanyak dengan 19 emas, 23 perak, dan 7 perunggu. Kemudian catur 4 emas, 3 perak. Angkat berat 2 emas, 2 perak, 2 perunggu. Kemudian renang 2 emas, 1 perunggu. Cabor judo 3 perak, 1 perunggu. Tenis meja 1 perak, 2 perunggu. Panahan dan bulutangkis masing – masing 1 perunggu.

Terkait pelaksanaan Musyorprov Alan mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua Umum NPC Pusat, Seny Marbun, yang siap hadir pada musyawarah tersebut.

Related posts