Kadisdik Batu Bara : HPS Momentum Untuk Hormati Penyair

kadisdik batu abra
Kiri atas, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus menyampaikan sambutannya saat membuka peringatan HPS di SMPN 1 Sei Suka, Rabu (23/3/2022). Kanan atas, seni pantomim persembahan Sanggar Teater SMPN 1 Sei Suka. Bawah, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus foto bersama pihak SMPN 1 Sei Suka dan pelajar dengan sejumlah karya tulisnya. (Foto: Dok-Disdikbb/Bisanews.id)

BATU BARA | Bisanews.id | Hari Puisi Sedunia (HPS) 21 Maret 2022 merupakan momentum untuk menghormati penyair, menghidupkan kembali tradisi lisan pembacaan puisi, serta mempromosikan membaca, menulis dan mengajar puisi. Tidak hanya sebatas seni dan budaya, puisi juga merupakan penyalur pendidikan formal dan informal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus ketika membuka peringatan Hari Puisi Sedunia yang dirangkai dengan peresmian Taman Literasi di SMPN 1 Sei Suka, Rabu (23/3/2022).

Menurut Ilyas, literasi tidak hanya kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Literasi memiliki makna luas, yakni kedalaman seseorang atas sebuah pengetahuan yang kelak dapat digunakan untuk menciptakan barang atau jasa yang bermutu tinggi, dan mampu bersaing di kancah internasional.

“Literasi berbicara tentang apa yang mau kita produksi dan bisa dipasarkan secara luas. Kesemuanya itu bisa dipelajari dengan membaca, termasuk bagaimana kita menyiapkan keterampilan yang dibutuhkan setiap siswa seperti kualitas karakter, literasi dasar dan kompetensinya”, kata Ilyas.

Kadisdik Batu Bara : HPS Momentum Untuk Hormati Penyair
Kiri atas, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus menyampaikan sambutannya saat membuka peringatan HPS di SMPN 1 Sei Suka, Rabu (23/3/2022). Kanan atas, seni pantomim persembahan Sanggar Teater SMPN 1 Sei Suka. Bawah, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus foto bersama pihak SMPN 1 Sei Suka dan pelajar dengan sejumlah karya tulisnya. (Foto: Dok-Disdikbb/Bisanews.id).

“Kualitas karakter terkait bagaimana siswa beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Sedangkan literasi dasar bagaimana siswa kita menerapkan keterampilan dasar sehari-hari. Begitu juga dengan kompetensi siswa kita. Dalam hal ini siswa kita dapat berfikir kritis, punya kreatifitas, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik”, papar mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu itu.

Ilyas berharap peringatan HPS akan menambah kecintaan dan motivasi berkarya dalam bentuk puisi semakin meningkat.

Sementara hasil karya berupa tulisan dari siswa dan guru akan lebih banyak dicetak. Pihaknya akan hadir untuk membantu. Karena itu perlu dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, paguyuban/komite sekolah, serta dunia usaha dan dunia industri.

Sebelumnya Kepala UPT SMPN 1 Sei Suka Maslina menuturkan, peringatan HPS tersebut merupakan salah satu program yang dirancang Tim Literasi Sekolah.

Baca Juga:  Covid-19 Sumut Meningkat, MUI Kota Medan Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

Kegiatan itu, lanjutnya, diwarnai lounching seribu puisi karya siswa, lounching dua buku antologi karya guru dan siswa, serta tampilan siswa siswi berupa tari persembahan, story telling, pantomim, dan pembacaan puisi yang diiringi tarian balet, persembahan Sanggar Teater UPT SMPN 1 Sei Suka.

Related posts

Program Desa Binaan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat Bantuan Sembako