Pernah Jadi Loper Koran, Letjen TNI Dudung Abdurachman Dilantik Jadi KSAD Gantikan Jenderal Andika Perkasa

Letjen TNI Dudung Abdurachman

Bisanews.id|Jakarta| Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hari ini, Rabu (17/11/2021). Letjen Dudung menggantikan posisi Andika Perkasa yang juga akan dilantik menjadi Panglima TNI pada hari ini (Rabu).

“Semoga amanah, besok Letjen Dudung dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD,” kata sumber yang dikutip dari laman Tribunnews.com

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan Letjen Dudung menjadi KSAD rencananya akan digelar di Istana Negara pada pukul 14.30 WIB. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pada Rabu, (17/11/2021) di Istana Negara, Jakarta.

Letjen TNI Dudung Abdurachman

Hal tersebut, disampaikan Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan setelah meresmikan jalan tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, (16/11/2021).“Pelantikan Panglima (TNI) insyaallah besok, hari Rabu (17/11/2021),” ucap Presiden.

Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah pejabat meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (16/11/2021). (Biro Pers Kepresidenan/Muchlis Jr)

Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, Presiden juga melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 12 duta besar (dubes).“Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat.”

“Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara,” kata Heru.

Kasetpres menjelaskan, posisi KSAD akan diisi oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Profil Letjen Dudung Abdurachman

Dudung Abdurachman lahir di Bandung, Jawa Barat pada 19 November 1965.

Baca Juga:  Disperindag Medan Operasi Pasar Murah Migor

Ia lulus dari Akademi Militer pada tahun 1988.

Letjen TNI Dudung Abdurachman menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sejak 25 Mei 2021.

Sebelumnya, pada 27 Juli 2020, Dudung sempat menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya.Ketika mengemban amanah sebagai Pangdam Jaya, nama Dudung pun mulai populer dan banyak mendapat sorotan media.

Terutama, ketika Dudung memerintahkan anggotanya untuk melepas baliho Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, yang kemudian menjadi viral di media sosial. Dudung menegaskan, semua pihak harus taat terhadap hukum yang ada di Indonesia, termasuk dalam hal pemasangan baliho.

“Begini, kalau siapa pun di republik ini, ini negara hukum, harus taat kepada hukum, kalau masang baliho udah jelas ada aturannya, ada bayar pajak, dan tempat ditentukan,” kata mantan Gubernur Akmil periode 2018-2020 itu.

Bahkan, waktu itu, Dudung juga menyuarakan pembubaran FPI jika memang dirasa perlu.

Pernyataan itu, diucapkan Dudung sebelum pemerintah mengeluarkan larangan bagi FPI.

Riwayat Jabatan Letjen Dudung Abdurachman

– Dandim 0406/Musi Rawas

– Dandim 0418/Palembang

– Aspers Kasdam VII/Wirabuana, 2010 hingga 2011

– Danrindam II/Sriwijaya, 2011

– Dandenma Mabes TNI

– Wagub Akmil, 2015 hingga tahun 2016

– Staf Khusus Kasad, 2016 hingga tahun 2017

– Waaster Kasad, 2017 hingga 2018

– Gubernur Akmil, 2018 hingga 2020

– Pangdam Jaya, dilantik pada 2020

– Pangkostrad, dilantik pada 2021

Sebelum memasuki dunia TNI, Dudung pernah berprofesi sebagai penjual rokok.

(Sumber: Tribunnews.com)

Editor: Abdul Muis
Admin: Imam Ghozali

Related posts