Luncurkan MDUVKD, Gubsu Apresiasi Kesigapan Pemkab Batu Bara Antisipasi Bencana

Luncurkan MDUVKD, Gubsu Apresiasi Kesigapan Pemkab Batu Bara Antisipasi Bencana

BATU BARA I Bisanews.id I Gubernur Sumut Edy Rahmayadi secara resmi diluncurkan Mobil Dapur Umum dan Vaksinasi Keliling Desa (MDUVKD), serta menyerahkan mobil ambulans kepada Dandim 02/08 Asahan.

Kegiatan berlangsung di RM 100 Desa Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (05/01/2022) siang. Gubernur
didampingi Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, MA.P, Forkopimda, Ketua TP. PKK, pimpinan OPD dan camat se-Kab. Batu Bara.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi Bupati Batu Bara dan jajarannya yang telah menyediakan pelayanan dapur umum kepada masyarakat. Ini untuk mengantisipasi jika ada bencana di Batu Bara agar penanganan dalam menyediakan makanan lebih cepat.

“Saya apresiasi kreativitas ini. Kita butuh fasilitas seperti ini karena hampir semua daerah kita rawan bencana dan tidak sedikit tempat yang sulit dijangkau,” sebut Edy.

Sementara Bupati Batu Bara mengatakan letak geografis Batu Bara memang sangat rendah dibanding kabupaten lain. Ini akan menyebabkan bahaya banjir. Karena itu kesiapan Pemkab Batu Bara pada bencana alam sangat sigap, dengan menyediakan kendaraan pelayanan dapur umum kepada masyarakat.

Lanjut Bupati, saat ini vaksinasi di Kabupaten Batu Bara hingga akhir tahun 2021 telah mencapai delapan puluh persen. Dengan kehadiran mobil vaksinasi dari pintu ke pintu, target dua puluh persen vaksinasi dapat terpenuhi.

Selanjutnya Kepala Dinas Sosial Batu Bara, Riyadi mengatakan mobil layanan dapur umum nantinya akan disiagakan di daerah-daerah rawan bencana, seperti banjir saat hujan lebat.

“Nanti mobil akan kita tempatkan di daerah yang rawan bencana. Mobil ini dilengkapi dengan peralatan memasak komplit. Ini akan mempermudah penanganan bencana. Kita hanya tinggal membawakan bahan makanan saja, lalu dapat dimasak langsung.

Baca Juga:  NEGARA RUGI LAGI 34 M - KEJATISU (APL) Hutan Tele, Eks Bupati Tobasa & Sekda.

Related posts