Masjid Qisas Saksi Bisu Eksekusi Pancung di Arab Saudi

Masjid Qisas yang megah dan elegan ini menjadi tempat hukuman pancung di Arab Saudi. (Foto: Dok. Sindo News / Bisanews.id).

JEDDAH I Bisanews.id I

Arab Saudi dikenal sebagai negara yang banyak melakukan eksekusi hukuman mati bagi para terpidana. Komisi Hak Asasi Manusia Arab Saudi menyatakan pada 2019 negara itu memecahkan rekor eksekusi mati sebanyak 184 orang.

Dilansir dari laman Sindo News, Masjid Qisas menjadi saksi bisu atas kematian para terpidana hukuman mati di negara tersebut. Sebab di masjid itulah para algojo melaksanakan hukuman pancung.

Masjid Qisas atau Masjid Syeikh Ibrahim Al Juffali terletak di kawasan Balad, Kota Jeddah. Lokasi persisnya di seberang kantor Sekretariat Departemen Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Masjid rancangan Abdul Wahid al-Wakil asal Mesir ini memiliki keunikan, yakni mempunyai 26 kubah berukuran kecil. Di sudut timur masjid yang terlihat megah dan elegan itu terdapat menara tinggi sebagai simbol tradisional tempat ibadah.

Titik yang menjadi tempat eksekusi pancung ialah area selatan Masjid Qisas. Area ini merupakan tempat parkir kendaraan berukuran 4 x 5 meter persegi yang beralas keramik.

Ruangan eksekusi terbuka tanpa dinding itu memiliki 8 tiang besi sebagai penyangga. Pada tengah atap terdapat besi yang menjulur ke bawah seperti tempat untuk mengikatkan tali.

Eksekusi para terpidana biasanya dilakukan selepas shalat Jumat. Masyarakat umum diperkenankan untuk menyaksikannya.

Setelah selesai, area eksekusi dibersihkan seperti semula. Sementara jenazah disucikan dan dishalatkan di Masjid Qisas.

Sebagai tempat eksekusi, Masjid Qisas jelas menjadi momok bagi para terpidana mati di Arab Saudi.

Baca Juga:  Langgar ART, Rafik Didepak dari MIFA

Related posts