NPC Sumut Mulai Pembenahan Hadapi Peparnas 2024/XVII

Foto : Alan Sastra(Bisanews.id/IST).

BISANEWS.ID  I MEDAN I 

National Pra Olympic Comite (NPC) Sumut, mulai melakukan pembenahan untuk merubah ranking dan perolehan medali dalam rangka persiapaan menuju Peparnas Sumut-Aceh 2024 XVII mendatang.

Dimulainya persiapan atlet NPC Sumut karena ingin memperbaiki peringkat semua atlet Peparnas daerah ini setelah usainya mengikuti event Peparnas Papua 202.

Persiapan latihan itu dilaksanakan di setiap kabupaten kota di Sumut.

“Kita tetap monitor setiap latihan atlet. Apalagi dalam waktu dekat ada event Seleksi Nasional (Seleknas) diselengarakan NPC Indonesia. Maka kita terus berbernah,” kata Ketua NPC Sumut Alan Sastra lewat telepon selular, Jumat (3/12/2021).

Seleknas merupakan ajang penambah semangat para atlet NPC dengan ikutnya atlet NPC Sumut. Hasilnya akan dipersiapkan menghadapi Asian Paragames di Huangzhu China.

“Saya berharap semua atlet latihan serius agar saat mengikuti Seleknas bisa lolos guna menuju Asian Paragames di Hangzhu China tahun depan,” ucap Alan.

Saat ini NPC Sumut menyiapkan atlet lapis 2 dan 3 sebagai persiapan menghadapi event naaional bahkan internasional. Seperti Peparnas XVII 2024 Sumut-Aceh sebagai tuan rumah mempertandingkan 16 cabor.

“Maka kita akan mempersiapkan 350 atlet untuk mengikuti 16 cabor yang dipertandingkan,” tegas Alan.

Sumut berada di posisi lima besar di Peparnas 2021/XVI Papua, total meraih 27 medali emas, 32 perak, dan 15 perunggu.

Tentunya Alan Sastra mengucap terima kasih atas perjuangan atlet yang telah mengukir prestasi di tanah cenderawasih.

“Saya selaku Ketua NPC sangat mengapresiasi perjuangan para atlet telah menyumbangkan medali bagi daerah Sumut. Kita bangga kepada mereka, meski banyak kendala dan keterbatasan sebelum Peparnas,” ujar Alan.

Harus diakui, torehan tahun ini memang menurun jika dibandingkan Peparnas sebelumnya. Alan menyadari banyak kejutan terjadi di Peparnas tahun ini.

Baca Juga:  2022 Insentif Kader KB Dibayar Penuh

Kedepan, evaluasi dari hasil Peparnas akan dilakukan secara menyeluruh terutama bagi atlet yang lepas dari target.

“Secara raihan medali memang menurun jika dibanding tahun lalu. Tetapi saya bangga, banyak atlet muda kita yang mampu memberikan kejutan dengan memecahkan rekor nasional dan Asean Para Games,” ungkapnya.

Prestasi membanggakan mampu diukir sejumlah atlet Sumut di Peparnas. Seperti Nina Gusmita sukses menyabet 3 emas sekaligus memecahkan rekor nasional. Kemudian atlet tolak peluru, Reza juga sukses menyabet dua emas dan satu perak sekaligus memecahkan rekor Asean Para Games.

“Mudah-mudahan atlet kita bertambah untuk bisa dipanggil ke pelatnas. Karena ada berhasil pecahkan rekor Asean Para Games,” tandas Alan.

Pada Peparnas tahun ini, cabor atletik menjadi penyumbang medali terbanyak dengan 19 emas, 23 perak, dan 7 perunggu. Kemudian catur 4 emas, 3 perak. Angkat berat 2 emas, 2 perak, 2 perunggu. Kemudian renang 2 emas, 1 perunggu. Cabor judo 3 perak, 1 perunggu. Tenis meja 1 perak, 2 perunggu. Panahan dan bulutangkis masing – masing 1 perunggu.

Selain pembinaan, dalam waktu dekat NPC Sumut akan mengadakan Musyawarah Provinsi (Musyorprov) NPC Sumut. Ketua Umum NPC Pusat Seny Marbun siap hadir pada Musyorprov nanti,sebut Alan.

Related posts