Paripurna 4 Nota Ranperda, Begini Jawaban Bupati Zahir Atas Pandangan Umum Fraksi

Paripurna 4 Nota Ranperda, Begini Jawaban Bupati Zahir Atas Pandangan Umum Fraksi
Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima SE saat menyampaikan jawaban padangan umum fraksi-fraksi DPRD Batubara.(foto. Sekteriat DPRD Batubara)

BATUBARA l Bisanews.id | Bupati Batubara Ir Zahir MAP melalui Wakil Oky Iqbal Frima SE menjawab pandangan umum 10 fraksi DPRD Batubara terhadap 4 nota Ranperda, Selasa (15/2/22) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Batubara, Sumatra Utara.

Bupati merespon seluruh fraksi -fraksi, yang sepakat penyusunan Ranperda untuk membahas ketingkat lebih lanjut dengan tim pansus
bersama dengan pihak esekutif untuk kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Wabup Oky berterima kasih terhadap masukan fraksi-fraksi seperti:
1. Fraksi PAN
2. Fraksi Gerindra
3. Fraksi Golkar
4. Fraksi PKS
5. Fraksi Demokrat;
6. Fraksi PPP
7. Fraksi NKB
Berikut jawaban Bupati yang disampaikan Wakil Oky Iqbal Frima SE, atas nota 4 Ranperda.
“Kami berterima kasih atas saran dan pendapat dari Fraksi PAN, terhadap Ranperda tentang bangunan gedung akan menjadi bahan evaluasi kami dalam penertiban bangunan-bangunan baik yang sudah terbangun dan yang akan dibangun.

Dengan perubahan badan hukum dari perusahaan daerah menjadi perusahaan umum daerah air minum tirta tanjung akan meningkatkan pelayanan secara profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih dan perekonomian masyarakat.

Ranperda perusahaan umum daerah Pasar Sinar Malaka Maka seluruh Pasar diKabupaten Batubara dapat di kelola dengan baik , karena perusahaan umum daerah Sinar Malaka berfokus dalam mengelola Pasar serta memiliki wewenang untuk menambah jumlah pasokan barang dalam rangka menstabilkan harga sehingga terciptanya ketahanan pangan di Kabupaten Batubara.

Perusahaan umum daerah Pasar Sinar Malaka juga memiliki tujuan memberikan keuntungan secara finansial bagi peningkatan pendapatan asli daerah yang memberikan dampak positif untuk perokonomian Kabupaten Batubara.

“Kami mempunyai harapan yang sama dengan Fraksi PAN dengan adanya Ranperda penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dapat melindungi daerah dari pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup, menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup serta menjamin pemenuhan dan perlindungan hak atas lingkungan hidup sebagai bagian dari hak asasi manusia,”ungkapnya.

Baca Juga:  Sukses Ungkap Kasus Curanmor, 4 Personel Polsek Medan Area Dapat Penghargaan

Menjawab atas pandangan Fraksi Gerindra yang disampaikan juru bicaranya Andriansyah SH

“Terima kasih disampaikan kepada Fraksi Gerindra yang telah menyetujui untuk melanjutkan ke-4 (Empat) Ranperda, untuk dibahas bersama antara pansus dprd dan pemerintah Kabupaten Batubara,”ujarnya.

Terkait Ranperda tentang penyelenggaraan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, kami sependapat dengan Fraksi Gerindra bahwa pembentukan perda tersebut di perlukan untuk memberikan kepastian hukum kepada pemerintah daerah dalam upaya menyeleggarakan, melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

Ranperda bangunan gedung, saran dan pendapat Fraksi Gerindra akan menjadi bahan evaluasi kami dalam penyusunan perda tentang bangunan gedung.

Sementara ,Ranperda tentang perusahaan umum daerah Pasar Sinar Malaka, untuk menciptakan pasar tradisional yang aman, bersih, rapi dan tertata baik, maka dengan terbitnya Perda perusahaan umum daerah akan terbentuk sistem pengelolaan pasar dengan sistem penerapan prnsip-prinsip dan tata kelola perusahaan umumnya sehingga kedepannya pasar-pasar tradisional di Kabupaten Batubara menjadi pasar bertaraf Moderen.

Menjawab pandangan Fraksi PDI Perjuangan, disampaikan Dian Suwartono,
“Kami sampaikan terima kasih, telah menyetujui ke-4 Ranperda untuk membahas ketingkat lebih lanjut dengan tim pansus
bersama dengan pihak esekutif sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”katanya

Jawaban Pandangan Fraksi Golkar yang disampaikan Rohadi,
terima kasih atas dukungan, saran dan masukan dari Fraksi Golkar untuk dibahasnya Ranperda tentang bangunan gedung.

Terkait Ranperda penyelenggaraan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup akan diselaraskan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku terkait pengelolaan lingkungan hidup.

Begitu juga Ranperda tentang perusahaan umum daerah tirta tanjung, kami akan memperhatikan saran dan pendapat dari Fraksi Golkar.

Ranperda umum daerah Pasar Sinar Malaka akan disusun dengan berpedoman kepada ketentuan peraturan yang berlaku.

Kemudian menjawab pandangan Fraksi Bulan Bintang yang disampaikan Azhar Amri Amk.

Baca Juga:  10 Atlit Arung Jeram Sergai Ikut Kejurnas di Lampung

Atas saran dan masukannya, akan menjadi perhatian dalam pembentukan ke 4 Ranperda.

Pembentukan Ranperda perusahaan umum daerah Tirta Tanjung, untuk menyesuaikan regulasi sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD dan meningkatkan pelayanan Air bersih kepada masyarakat dan provit perusahaan sehingga meningkatkan PAD.

Implikasi perubahan badan hukum terhadap karyawan diharapkan dapat meningkatkan kinerja, pelayanan kepada masyarakat dan PAD Kabupaten Batubara.

Ranperda bangunan gedung, akan dilakukan penataan kembali menyesuaikan RTRW Kabupaten Batubara.

Sementara penyertaan modal awal untuk perusahaan umum daerah Pasar Sinar Malaka Sebesar Rp. 10.000.000.000,00 (Sepuluh Milyar Rupiah) diharapkan dapat memenuhi penyempurnaan sarana dan prasaran serta mengembangkan usaha.

Menjawab pandangan Fraksi PKS yang disampaikan M. Abduh Afrian. Menyetujui ke-4 Ranperda untuk dibahas sesuai dengan mekanisme pembentukan perda hingga selesai menjadi Perda Kabupaten Batubara.
“Terkait permintaan untuk mengevaluasi kinerja dan mencopot Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batubara, akan kami perhatikan dan dievaluasi sesuai ketentuan yang berlaku,”janjinya.

Foto:

Related posts