Pembatasan akibat Covid-19 b.1.1.529 diberlakukan Indonesia, Ini penjelasannya

Foto : Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Bisanews.id/CNBC Indonesia).

BISANEWS.ID I JAKARTA I Berdasarkan Surat Edaran Nomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berisikan mengenai Pembatasan Sementara Orang Asing yang pernah tinggal atau mengunjungi wilayah beberapa Negara tertentu untuk masuk ke wilayah Indonesia dalam rangka pencegahan penyebaran Varian baru COVID-19 B.1.1.529 artinya Indonesia secara resmi melarang pelaku perjalanan asal Afrika Selatan.

Adapun kategori Negara yang ditolak masuk adalah Bostwana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria dan untuk orang asing yang pernah tinggal atau mengunjungi wilayah Afrika Selatan.

Kebijakan tersebut berlaku dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk ke Indonesia, juga visa kunjungan dan visa tinggal ditangguhkan sementara terkecuali warga asing yang ikut dalam pertemuan terkait Presidensi Indonesia G20

Informasi mengenai Omicron sudah masuk dalam Varient of Concern (VoC) oleh WHO dan sangat berbahaya dari varian yang ada sebelumnya.

Bukan hanya di Indonesia saja, sejumlah Negara dunia lainnya juga melakukan hal sama pada pelancong dari Afrika Selatan. Salah satunya Israel membatasi penerbangan dari Afsel dikutip CNBC Indonesia dari Al Jazera.

Amerika Serikat (AS) juga memberlakukan hal yang sama mulai dari Afrika Selatan dan tujuh Negara lain mulai Senin (29/11/2021), dikutip dari CNN Internasional. (CNNIndonesia)

 

Baca Juga:  Erick Thohir : Generasi Muda Harus Produktif, Tidak Konsumtif

Related posts