Pemkab Batu Bara Terapkan Sistem E-Absensi untuk Tingkatkan Disiplin Pegawai

Pars peserta tampak serius mengikuti acara penutupan Pelatihan E-Absensi. (Foto: Dok. Disdikbb / Bisanews.id).

BATUBARA I Bisanews.id I Untuk meningkatkan disiplin pegawai, khususnya soal kehadiran, Pemkab Batu Bara menerapkan sistem E-Absensi di kalangan aparatur sipil negara (ASN) maupun non ASN.

Hal tersebut terungkap saat
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara Ilyas Sitorus menutup Pelatihan E-Absensi di Aula Rumah Dinas Bupati di Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kamis petang (13/01/2022).

Menurut Zahir, untuk mewujudkan tujuan organisasi, maka yang harus dibangun dan ditegakkan adalah kedisiplinan pegawai. Karena kedisiplinan akan mendorong gairah dan semangat kerja.

“Disiplin yang baik mencerminkan tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya”, ujar Zahir melalui Kadisdik Ilyas Sitorus.

Karena itu, lanjutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan kedisiplinan tersebut adalah dengan menerapkan dan memanfaatkan aplikasi E-Absensi.

Dijelaskannya, selain hemat biaya, E-Absensi juga tidak memerlukan perangkat fisik berupa mesin absensi. Pemasangan sistem ini tentu akan memberikan nilai positif kepada pemerintah daerah.

“Dengan E-Absensi ini dapat dipantau secara online kehadiran para pegawai. Karena terus terkoneksi dengan internet sehingga dapat dipantau secara secara real time”, paparnya.

Sementara pihak Pengembang Aplikasi E-Absensi, Hottua Samosir menerangkan sistem E-Absensi minim kecurangan. Karena E-Absensi menerapkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik.

Aplikasi ini akan memverifikasi kehadiran pegawai di suatu tempat dengan radius 50 meter dari titik yang sudah ditentukan, lengkap dengan foto selfienya.

“Sistem absensi online akan memudahkan pencatatan dan rekapitulasi data. Begitu juga dengan data kehadiran dan ketidakhadiran. Sehingga keterlambatan akan tercatat secara otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual”, jelas Hottua.

Baca Juga:  Sandiaga Uno : The Kitchen of Asia Jadikan Medan Ibu Kota Kuliner Indonesia

Related posts