Penerapan e- Parking di Medan, Dapat Tingkatkan PAD  

Penerapan e- Parking di Medan, Dapat Tingkatkan PAD
Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menyaksikan petugas e-Parking menagih uang parkir. (Foto : Dok-Diskominfomedan/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Kebijakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution menerapkan e- parking membuahkan hasil. Dari 22 titik lokasi parkir, ternyata mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan.

Tercatat, terjadi kenaikan pendapatan hingga 150 persen atau mencapai Rp. 200 juta. Tentunya tujuan program e- Parking dalam memberikan pelayanan maksimal dan kenyamanan kepada masyarakat/ pengguna jasa parkir telah tercapai.

“Selama ini retribusi sektor parkir sering bocor , tarif parkir tidak menentu sehingga meresahkan masyarakat. Dinas Perhubungan harus betul-betul mengawasi secara ketat, jangan main-main,” kata Bobby Nasution, di Balai Kota Medan, Selasa (14/12/2021).

Bobby mengatakan, selain mencegah kebocoran, e-parking semakin memberi kemudahan bagi masyarakat saat membayar parkir, karena cukup menggunakan QRIS maupun uang elektronik.

“Ini merupakan tahapan kita menjadikan Kota Medan sebagai smart city dengan menerapkan sistem digitalisasi,” sebut Bobby.

Bobby melihat, kebijakan tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat dan diakui sebagian kabupaten/kota dan bakal mencontohnya. Untuk itu, ia meminta kepada Dinas Perhubungan

agar mengawasi secara ketat dilapangan agar tidak terjadi pungli.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis mengaku sudah memerintahkan seluruh petugas dilapangan agar jeli dan waspada. Oleh karenanya, pihaknya butuh informasi dari masyarakat agar petugas dilapangan benar-benar menjalankan tugas.

“Kura berharap, kedepannya pelaksanaan e- Parking dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kita juga sudah memasang kamera pengawas (CCTV), mengingat bisa saja petugas lengah atau ada oknum memanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Kami terus lakukan pengawasan, sampai hari ini belum ada lagi ditemukan terjadi penyimpangan,” ujar Iswar.

Baca Juga:  Tegakkan Prokes, Polres Batu Bara Gelar Operasi Yustisi

Related posts