Perajin Kriya Batu Bara Magang di Yogyakarta

Ketua Dekranasda Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir diabadikan bersama perajin kriya Batu Bara yang melakukan magang di Balai Kerajinan Batik Yogyakarta 20 - 26 Maret 2022. (Foto: Dok-Kominfobb/Bisanews.id)

YOGYAKARTA | Bisanews.id | Sepuluh perajin kriya (kerajinan tangan) Kabupaten Batu Bara melakukan magang di Balai Kerajinan Batik Yogyakarta. Mereka terdiri dari 9 perempuan dan seorang pria. Kegiatan magang berlangsung 20 – 26 Maret 2022.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir mengatakan, kegiatan magang merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Batu Bara.

“Kegiatan magang di luar provinsi ini adalah salah satu upaya Pemkab Batu Bara untuk terus memajukan UMKM, khususnya perajin kriya, agar mampu bersaing dengan produk dari daerah lain”, kata Maya seperti dirilis Dinas Kominfo Batu Bara, Senin (21/03/2022).

Menurut Maya, saat ini produk kriya dan wastra (kain tradisional seperti songket dan tenunan) berkembang pesat di Batu Bara. Kapasitas SDM-nya pun sudah semakin banyak dan mumpuni. Sehingga wastra Batu Bara juga tidak kalah bersaing dengan produk dari daerah lain.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan memberikan pengalaman dan wawasan baru bagi pelaku UMKM fashion di bidang wastra. Sehingga dapat menjadikannya sebagai ide baru dalam mengembangkan wastra di Batu Bara.

“Saya harap para pelaku UMKM dapat memberikan suatu terobosan rencana tindak lanjut untuk kemajuan fashion, khususnya bidang wastra, di Kabupaten Batu Bara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Warga Lingkungan III Pandau Hilir Pertanyakan Pencopotan Kepling

Related posts