Perda Pergantian Nama Kecamatan Nibung Hangus Dibahas 2022

Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP. (Bisanews.id).

BISANEWS.ID | BATUBARA | Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP melalui Kabag Pemerintahan Arif Hanafiah, Jumat (19/11/2021), mengatakan, Pemkab Batubara sedang mengusulkan pergantian nama Kecamatan Nibung Hangus menjadi Kecamatan Datuk Limalaras.

Menurutnya, saat ini prosesnya sedang berjalan. Usulan perubahan itu sudah disampaikan di tingkat Gubernur Sumatera Utara, diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Perubahan nomenklatur penting, mengingat usulan itu datang dari masyarakat Batubara yang menginginkan nama Kecamatan Nibung Hangus dirubah menjadi Kecamatan Datuk Limalaras”, kata Arif.

Dijelaskannya, usulan masyarakat itu sudah direspon Bupati Batubara. Selain pergantian nama kecamatan, satu kelurahan di kawasan itu juga bakal berubah menjadi desa.

“Namun prosesnya akan panjang, karena menyangkut perubahan regulasi. Perda-nya dibahas tahun 2022 mendatang”, terangnya.

Menurut dia, berkaitan dengan perubahan nama kecamatan itu, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan beberapa hal penting. Antara lain menyiapkan dokumen kajian akademik, dan hal-hal yang berkaitan dengan batas-batas desa.

“Dengan kelengkapan itu, usulan masyarakat yang menginginkan sejarah ke-Datuk-an Limalaras itu bisa diwujudkan, sesuai syarat yang diminta pihak provinsi untuk diajukan ke Mendagri”, paparnya.

Sementara Plt Kadis Koperasi dan UMK Batubara menjelaskan, keinginan masyarakat untuk mengganti nama kecamatan sangat realistis. Soalnya hal itu menyangkut kearifan lokal yang bertujuan untuk mengangkat kembali situs sejarah ke-Datuk-an Limalaras yang pernah ada di kawasan itu.

Sekedar untuk diketahui, Kecamatan Nibung Hangus adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Tanjung Tiram. (*)

Editor : Abdul Muis

Baca Juga:  Bobby Nasution Fokus Membangun Wilayah Utara Wujudkan Pembangunan Merata

Related posts