Porprovsu Mendatang Akan Pertandingkan 17 Cabang Olahraga

Porprovsu Mendatang Akan Pertandingkan 17 Cabang Olahraga
Peserta saat mengikuti rapat KONI Sumut yang digelar di Polonia Hotel, Medan. (Foto : Ayu/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Pekan Olahraga Provinsi Sumatera (Porprovsu) yang akan digelar pada bulan November 2022, akan mempertandingkan 17 cabang olahraga. Ketetapan 17 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut, merupakan rekomendasi dari hasil rapat koordinasi teknis KONI Sumut bersama KONI kabupaten/kota dan pengprov cabang olahraga se-Sumut yang digelar di Medan, Rabu-Kamis (15-16/12/2021).

Berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin Ketua Koni Sumut, Jhon Ismadi Lubis bersama sejumlah pengurus, menetapkan 17 cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain ; bola voli, sepak bola, bulutangkis, pencak silat, tenis meja, karate, drumband, atletik, biliar, taekwondo, wushu, tinju, tarung drajat, petanque, angkat berat, binaraga dan muaythai.

“Ke-17 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut merupakan cabang olahraga yang aktif berada di KONI kabupaten/kota,” kata Jhon Ismadi Lubis.

Sementara untuk cabang olahraga yang tidak dipertandingkan, ia merekomendasikan untuk menggelar kejuaraan daerah dan seleksi daerah guna menyaring atlet yang akan dipersiapkan mengahdapi PON 2024.

Untuk cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan daerah (kejurda) adalah ; balap sepeda, renang, bola basket, menembak, angkat besi, gateball, panahan dan kick boxing.

Sedangkan cabang olahraga yang menggelar seleksi daerah (selekda) adalah ; arung jeram, panjat tebing, jujitsu, hoki, dayung, tenis lapangan, bridge, berkuda, kempo, judo, aerosport, sofball dan baseball, senam, anggar, dance sport, PSWAI, barongsai, bowling, golf, selam, esport dan squash.

Ia menuturkan, selain membahas pelaksanaan porprovsu, kejurda dan selekda, rapat koordinasi juga merekomendasikan bebarapa hal lainnya. Seperti KONI Sumut bersama Unimed akan melaksanakan tes fisik dan kesehatan tahap II bagi atlet pelatda untuk jangka panjang. Hasilnya akan menjadi evaluasi berkelanjutan, apakah atlet masuk kembali dalam pelatda jangka panjang guna persiapan menuju PON/XXI/2024 Aceh-Sumut.

Baca Juga:  Buka FGD, Zahir Minta OPD Berperan Aktif

“Atlet yang pernah berlaga di PON XX/2021 Papua, khusus cabang olahraga perorangan akan diakomodir menjadi atlet pelatda jangka panjang di tahun 2022 dengan mempertimbangkan batasan usia atlet saat PON/XXI tahun 2024. Untuk tes fisik dan kesehatan bagi atlet Sumut yang pernah berlaga di PON Papua akan dilaksanakan Januari 2022 mendatang.

Related posts